Babinsa Koramil 22/Ayah Normalisasi Aliran Sungai

Babinsa Koramil 22/Ayah Normalisasi Aliran Sungai

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koramil 22/Ayah Serka Suwartono bersama-sama masyarakat Desa Bulureja Kec Ayah Kab Kebumen. Minggu (1/12/19) melaksanakan kerja bakti normalisasi sungai.

“karena sudah mulai turun hujan supaya air bisa lancar untuk mengaliri lahan sawah petani maka sungai tersebut harus kita bersihkan agar aliran sungai kembali lancar saat air datang, disamping itu sampah yang kita keruk bisa menormalkan lagi arus sungai yang secara geografi terletak ujung paling barat wilayah Kab. Kebumen yang berbatasan dengan Kab Cilacap.

Dilokasi tersebut ada tiga buah sungai besar yang membentang dari utara ke selatan yang bermuara ke laut Ayah Logending. Normalisasi adalah solusi yang paling tepat untuk mengantisipasi luapan air dari keempat wilayah tersebut, sungai tersebut juga merupakan tampungan apabila air laut pasang, karena setiap air laut pasang air akan bergerak ke atas sampai kesebagian sawah masyarakat Desa Bulureja. Jika tidak segera kita tangani dampaknya akan merusak tanaman padi petani.” ujar Suwartono.

Disamping melaksanakan pengerukan juga melaksanakan penguatan tanggul sungai sehingga tanggungl kembali kuat dan tidak mudah terkikis aliran air sungai. Semoga apa yang telah dilakukan saat ini dapat membawa dampak positif utamanya dapat mensejahterakan masyarakat sekitar. ungkap Sarman salah satu tokoh masyarakat desa setempat. (Pendim).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *