Serda Fajar Dampingi Petani Olah Lahan

Serda Fajar Dampingi Petani Olah Lahan

KODIM 0709/KEBUMEN. Serda Fajar Setiawan Babinsa Koramil 08/Alian melaksanakan kegiatan pengolahan lahan pertanian bersama BP. Mono anggota kelompok tani “Mulyo Sembodo” di Desa Kemangguhan Kec. Alian. Kab. Kebumen. Minggu (08/12/19).

Kegiatan yang berlangsung dilahan seluas 150 ubin itu rencananya akan ditanami padi jenis Inpari. Bentuk tanggung jawab pada kegiatan Upsus Pajale Desa Kemangguhan, Serda Fajar menyampaikan bahwa varietas Inpari jenis 42 akan mulai dikembangkan di desa tersebut. Alasan tersebut sempat ditanyakan Babinsa kepada Mono.

“Varietas Inpari 42 memiliki kelebihan seperti tahan terhadap serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) yakni hama tungro, wereng batang coklat (WBC), dan hawar daun bakteri,” terang Mono.

Lebih lanjut Mono menjelaskan Inpari 42 mampu berdaya hasil tinggi baik pada kondisi optimum maupun pada kondisi terbatas. Inpari 42 memiliki umur tanaman 112 hari, bentuk tegak, tinggi 93 cm, dan daun bendera tegak. Bentuk gabahnya ramping, warna kuning jerami, mudah rontok, tahan rebah, dan nasinya pun pulen. imbuhnya.

Dari potensi yang dijelaskan Mono, Babinsa akan terus memberikan dukungannya. Harapan ke depan, semoga benih padi ini semakin banyak diminati warga Desa Kemangguhan dan mampu meluas perkembangannya serta bermanfaat untuk peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani di Desa Kemangguhan. (Pendim)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *