Atasi DBD, Babinsa Koramil Kuwarasan Lakukan Fogging

    Atasi DBD, Babinsa Koramil Kuwarasan Lakukan Fogging

    KODIM 0709/KEBUMEN – Untuk mencegah terjadinya penyebaran yang lebih luas, Babinsa Koramil 19/ Kuwarasan Sertu Heri Purwanto dan Sertu Mukharor bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kuwarasan Brigadir Zaenal Arifin melaksanakan pendampingan kegiatan Fogging Focus oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen yang  bekerjasama dengan Puskesmas Kuwarasan dibantu perangkat desa  melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara fogging/pengasapan Siklus 1 (satu) di  Desa Kuwarasan Kec Kuwarasan Kab Kebumen, Sabtu (18/01/2020).

    Sertu Heri Purwanto menjelaskan bahwa cara seperti ini menjadi salah satu metode yang sering digunakan dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue (DBD) mengingat kemarin ada warga yang terindikasi demam berdarah. Setelah diadakan musyawarah dengan Bidan Desa, Pemdes dan Puskesmas maka segera diambil langkah yaitu dengan cara pengasapan atau fogging, pada metode ini suatu lokasi disemprot dengan insektisida menggunakan mesin. Fogging atau pengasapan dalam dosis tertentu ini bertujuan memberantas nyamuk dewasa, atau yang sudah bisa terbang berpindah.

    ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pengasapan atau fogging. Penyemprotan harus memperhatikan dosis yang tercatat dalam standar operasional. Bila insektisida terlalu sedikit, maka penyemprotan tidak memberikan hasil maksimal dan hanya meninggalkan bau minyak tanah yang mengganggu kenyamanan. Dosis yang tidak tepat juga dikhawatirkan membuat nyamuk resisten insektisida. Arah angin seringkali luput dari perhatian. Padahal angin yang akan menyebarkan semprotan insektisida ke seluruh wilayah, dalam radius tertentu. Angin juga yang membawa nyamuk terbang berpindah menghindari pestisida.

    Oleh karena itu, sebaiknya penyemprotan dilakukan sesuai arah angin. Penyemprotan yang melawan arah angin akan mengenai tubuh penyemprot bukan nyamuk yang menjadi sasaran. Akibatnya insektisida akan menjadi toksik bagi penyemprot.

    Slamet Supriyono Kepala Desa Kuwarasan, mengucapkan terimakasih banyak kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas atas peran serta dan partisipasinya dalam membantu warganya, beliau berharap kedepan warganya terbebas dari demam berdarah. (SSY’95/Pendim)

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *