Babinsa Bantu Percepatan Tanam, Dampingi Petani Olah Lahan

Babinsa Bantu Percepatan Tanam, Dampingi Petani Olah Lahan

KODIM 0709/KEBUMEN, Koptu Joko Purnomo anggota Koramil 07/Sadang melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian dengan melakukan pengolahan lahan persawahan di Desa Kedungwaru Kec. Karangsambung, Kebumen. Kamis (2/1/20).

Dalam kegiatannya, Babinsa Koptu Joko Purnomo bersama anggota kelompok tani Makmur Abadi, terus melakukan pengolahan lahan, hal ini guna mencapai percepatan tanam yang menurut Koptu Joko wilayahnya sudah sangat terlambat.

“Kita seharusnya sudah mulai masuk pada tahap perawatan tanaman, namun hingga kini kita malah baru masuk pengolahan lahan, keterlambatan ini karena faktor cuaca yang mana selama tahun 2019 intensitas hujan sangat minim termasuk seluruh wilayah Sadang dan Karangsambung serta wilayah lain di Kab. Kebumen ini mengalami kemarau yang cukup panjang, sehingga masa tanam perdana harusnya dimulai bulan Oktober hingga Maret, baru sekarang awal Januari dimulai, itupun baru pada tahap pengolahan lahan, otomatis belum bisa tabur benih.” ujar joko disela-sela kegiatannya.

Para petani pun sudah menyadari akan keterlambatan masa tanamnya, petani sepakat dengan Babinsa dan senada apa yang disampaikan Koptu Joko Purnomo. Diakui petani Koptu Joko dalam membantu dalam pengolahan lahan pertanian tampak semangat dan penuh keihklasan, hal inilah yang mendorong para petani wilayah Sadang optimis akan bisa tanam bulan ini.

Tujuan pendampingan yang dilakukan Koptu Joko semata-mata untuk memotifasi para petani agar lebih semangat dalam mengolah lahan pertanian sesuai program Dinas pertanian dan ketahanan pangan Kab. Kebumen, dimana diinstruksikan oleh Kepala Dinas Ir. H. Tri Haryono, agar para petani bersinergi dengan Babinsa dan PPL di lapangan guna percepatan tanam perdana saat sudah memasuki musim hujan.

“Babinsa dan PPL dengan segala upayanya merupakan harapan bagi para petani untuk terus meningkatkan pola tanam dalam peningkatan produksi pertanian sebagai daya dukung tercapainya swasembada pangan nasional.” ujar Tri  (Pendim)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *