Babinsa Desa Pohkumbang Bersama Warga Belajar Seni Tradisional

    Babinsa Desa Pohkumbang Bersama Warga Belajar Seni Tradisional

    KODIM 0709/KEBUMEN.    Sebagai upaya mempelopori dan menumbuhkan budaya seni jawa, Babinsa Desa Pohkumbang Serda Heru Suyana bersama warga masyarakat Desa Pohkumbang belajar seni tradisional gamelan jawa yang dikemas dalam Seni Karawitan bertempat di Balai Desa Pohkumbang Kec. Karanganyar, Senin (20/01/2020).

    Melalui kegiatan ini dapat dijadikan momentum sebagai ajang silaturahmi dan edukasi bagi masyarakat untuk mau belajar dan mencintai kebudayaan jawa terkait gamelan jawa. Dari kita belajar pastinya akan memperoleh manfaat yang positif yakni adanya kebersamaan kekompakan dengan sesama warga dan tak kalah pentingnya Berinteraksi dengan gamelan sama artinya belajar hidup sopan. Penabuh gamelan harus lembut. Duduknya harus bersila.

    Baca juga   Warga Alian Patuhi Prokes, Babinsa Koramil 08/Alian Awasi Vaksinasi

    Dilangsir pada kegiatan tersebut Serda Heru Suyana menuturkan “Dengan kegiatan semacam inilah warga bisa berkumpul sambil belajar kesenian yang alatnya sudah di persiapkan oleh desa, mereka bisa menggali potensi yang ada karena kegiatan ini tidak hanya diperuntukan untuk orang tua saja melainkan pemuda pemudi bahkan sampai dengan anak-anak yang mau belajar,” tuturnya.

    “Seni Karawitan sebagai salah satu cabang seni yang hidup, bertahan, dan berkembang di Jawa (Indonesia), mempunyai fungsi yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Baik dipandang dari sisi tekstual maupun kontekstual, seni karawitan selalu berhubungan erat dengan masyarakat dan mengandung nilai kearifan budaya Lokal,” imbuhnya. (Pendim)