Babinsa Koramil 04/Karanganyar, Tanamkan Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Kepada Generasi Muda

    Babinsa Koramil 04/Karanganyar,
    Tanamkan Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Kepada Generasi Muda

    KODIM 0709/KEBUMEN. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Apalagi bila ia juga menjunjung tinggi nilai dan harkat martabat bangsanya secara turun temurun yang telah diperjuangkan oleh para leluhur bangsa. Demikian pula dengan bangsa Indonesia yang begitu kaya akan nilai-nilai luhur dan kearifan lokal ini, seharusnya memiliki karakter dan jiwa nasionalisme yang mengakar kuat dalam jati diri setiap rakyatnya. Namun pada kenyataanya, generasi bangsa ini seakan melupakan jati diri bangsanya.

    Berangkat dari keprihatinan itulah, sebagai wujud penjabaran kegiatan Binter kepada Generasi Muda, Babinsa Koramil 04/Karanganyar Serda Samingan memberikan pembekalan nilai-nilai karakter, rasa cinta tanah air, dan etika generasi muda kepada siswa SMK Bina Karya 1 Karanganyar bertempat di Kampus SMK Bina Karya 1 Karanganyar, Selasa (28/01/2020).

    Dijelaskan, Serda Samingan sengaja mencari sasaran Siswa SMK atau sederajat, karena menurutnya anak usia sekolah setingkat SMK/sederajat sudah mampu mengolah pikir dan menerima materi yang disampaikan, kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk hidup bermasyarakat.

    ”Siswa SMK/SMA sebagai generasi muda penerus bangsa ini harus dibekali pengetahuan tentang karakter kebangsaan supaya mereka tidak jadi generasi yang tak bermoral dan lupa akan jati dirinya,” katanya.

    Hal lain, penanaman rasa cinta terhadap tanah air juga penting mengingat kita sedang berpusar dalam arus globalisasi. Sedangkan etika harus diajarkan agar generasi muda tidak tumbuh menjadi generasi sembarangan, mengingat kayanya kearifan lokal dari kebudayaan kita yang menjunjung tinggi etika yang baik,” kata Samingan.

    Ditanya tentang harapan dari kegiatan ini? Sebagai insan teritorial sepakat, “Kami mendambakan generasi muda Indonesia menjadi generasi emas yang mampu menjawab semua permasalahan negeri ini, serta mampu memajukan Indonesia yang diawali dengan hal-hal mendasar dan sederhana seperti ini,” pungkas Samingan. (Pendim)

     

     

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *