Babinsa Koramil 06/Sruweng, PPL, Dinas UPT dan Petani Gropyok Tikus

Babinsa Koramil 06/Sruweng, PPL, Dinas UPT dan Petani Gropyok Tikus

KODIM 0709/ KEBUMEN Babinsa Koramil 06/Sruweng Serda Agus Priyanto dan Kopda Heri Kristiyanto melaksanakan kegiatan gropyok tikus bersama PPL, Dinas Pertanian Sruweng dan Kelompok Tani Ngudi Raharjo di Desa Giwangretno Kecamatan Sruweng Kab. Kebumen. Sabtu (04/01/20).

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 Wib itu ditujukan agar pada masa penyemaian bibit padi lepas dari gangguan tikus, hal ini salah satu upaya sinergitas para Babinsa Koramil 06/Sruweng dalam upaya untuk mensukseskan masa tanam padi perdana di wilayah itu.

Kegiatan gropyok tikus ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan jelang musa tanam tiba. Kegiatan ini juga merupakan ide dari ketua Poktan Ngudi Raharjo berkoordinasi dengan Babinsa dan Distapang wilayah Kecamatan Sruweng. Untuk obat pengemposan tikus didukung dari Dinas Pertanian. Dalam kegiatan ini ada dua jenis obat tikus yakni pengemposan yang memakai asap dan memakai umpan sebagai makanan tikus yang beracun.

Masyarakat setempat pun mendukung kegiatan yang dilakukan Babinsa tersebut, dengan penuh antusias, warga pun turut ambil bagian pada kegiatan ini. Ada diantara warga yang secara sukarela membawa parang, cangkul, sabit, kayu dan lain sebagainya. Hasilnya pun sangat fantastis yakni lebih dari 54 tikus tertangkap dengan kondisi mati. Semoga dengan kegiatan ini bisa mengurangi hama tikus, sehingga petani merasa nyaman bercocok tanam (Pendim)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *