Babinsa Sadang Bantu Selesaikan Urusan Air Sawah

    Babinsa Sadang Bantu Selesaikan Urusan Air Sawah

    KODIM 0709/KEBUMEN, Koptu Joko Purnomo   anggota Koramil 07/Sadang melaksanakan kegiatan pendampinga pertanian dalam rangka pengairan lahan Sawah di Desa Kaligending Kecamatan Karangsambung. Sabtu  (4/1/20).

    Kegiatanan ini perlu di laksanakan untuk memotifasi petani sehingga  program pemerintah terkait ketahanan pangan nasional dapat segera terealisasi di tahun 2020 dan hasilnya dapat tercapai swasembada pangan.

    Dalam kegiatan tersebut Babinsa Koramil 07/Sadang Koptu Joko Purnomo membantu penanganan kebutuhan pengairan bagi lahan pertanian di desa binaannya  dengan menggunakan mesin Janset yang airnya di ambil dari irigasi sungai. Dengan kegiatan tersebut para petani khususnya Desa Kaligending sangat senang dengan kehadiran Babinsa dan sangat terbantu sehingga masyarakat pun masih membutuhkan kehadiran para Babinsa untuk membantu di sawah para petani.

    “Meski hujan sudah mulai turun namun kondisi lahan belum semua tercukupi oleh aliran irigasi yang ada, hal ini karena masih belum stabilnya dan debit air masih belum memenuhi sistem pengairan yang tersedia sehingga kami masih menggunakan pompa air untuk mencukupi kebutuhan lahan kami.” ujar Joko.

    Upaya yang dilakukan Babinsa dan petani ini demi tercapainya percepatan tanam. “Sudah lama kami belum tanam, masa tanam yang seharusnya dimulai bulan Oktober kini mundur hingga Januari belum bisa tanam, hal itu disebabkan oleh kondisi cuaca yang selama setahun belakangan ini curah hujan sangat kurang, sementara kondisi irigasi pun tidak mampu mengairi lahan dikarenakan debit air dari sungai Lukulo juga minim air. Namun dengan sudah mulainya hujan bulan Januari ini, para petani optimis akan bisa melakukan tanam padi perdana, meski masih harus dibantu pompa air.” (Pendim)

     

     

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *