Bantu Percepatan Tanam Perdana, Babinsa Karanggayam Siapkan Lahan

Bantu Percepatan Tanam Perdana, Babinsa Karanggayam Siapkan Lahan

KODIM 0709/KEBUMEN. Babinsa Koramil 05/Karanggayam Sertu Ruslan melaksanakan pendampingan pertanian menyiapkan lahan untuk persiapan tanam padi di Desa Selogiri Kecamatan Karanggayam Kab. Kebumen. Selasa (28/01/20).

Hujan tahun ini di wilayah Kecamatan Karanggayam masih jarang terjadi. Terlebih di Desa Selogiri masih banyak lahan sawah yang menunggu datangnya air hujan. Namun sebelum hujan turun, warga  Desa Selogiri bersama Babinsa sudah menyiapkan lahan untuk penanaman.

Menurut Babinsa Sertu Ruslan, “Dalam penyiapan lahan, banyak yang harus dikerjakan secara berurutan, mulai dari mencangkul tanah jika air masih kurang bisa dikerjakan secara manual, sebaliknya jika air sudah cukup melimpah bisa dibajak dengan mesin. Penyiapan lahan tanam selanjutnya membersihkan rumput-rumput yang tumbuh ditepian pematang untuk memudahkan pengolahan, merapihkan pematang dan menyiapkan aliran air agar genanganya nanti merata sehingga tanaman padi bisa tumbuh.” kata Ruslan.

Para petani pun senang dibantu Babinsa, para petani berharap pada masa tanam tahun ini bisa dipercepat, sehingga lahan akan bisa ditanam, “kami juga berterimakasih, Babinsa mau membantu kami di sawah, berjibaku dengan lumpur dan berkeringat campur tanah.” ujar Parimin buruh tani setempat. (Pendim)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *