Gertak PSN Desa Mangli, Babinsa Bersama Masyarakat dan Dinas Kesehatan Lakukan 3 M Plus

    Gertak PSN Desa Mangli, Babinsa Bersama Masyarakat dan Dinas Kesehatan
    Lakukan 3 M Plus

    KODIM 0709/KEBUMEN – Dalam rangka pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD ) Babinsa Mangli Koramil 19/ Kuwarasan Serda Slamet S bersama warga Masyarakat,  Bidan desa, FKD, Pemdes Mangli dan Puskesmas Kuwarasan lakukan gerakan serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk ( Gertak PSN ) di desa Mangli Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen, Senin (13/01/2020)

    Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue yang menginfeksi bagian tubuh melalui sistem peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty.

    GERTAK PSN adalah gerakan yang dilakukan secara serentak dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk dengan melakukan 3 M plus diantaranya Menguras, Menutup dan Mengubur serta mendaur ulang/ memanfaatkan barang barang bekas agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya (Breading Place) jentik nyamuk Aedes Aegpty sp.

    Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Pencegahan dan penanggulangan penyakit dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen bpk Istiyadi, S.Km. MM beserta stafnya, Kades Mangli Abdul Hakim Kudus, Ketua FKD desa Mangli bpk Sobirin dan seluruh perangkat desa Mangli.

    Bidan desa Mangli ibu Tri Winarsih, S. ST menyampaikan kepada warga masyarakat yang hadir dalam kegiatan  bahwa, tujuan di adakannya Gertak PSN ini adalah untuk mengontrol dan mengendalikan perkembangan jentik nyamuk di rumah rumah warga, sehingga tidak terjadi Demam berdarah ataupun yang sejenisnya.

    Sementara Serda Slamet selaku Babinsa Mangli yang mendampingi kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini harus di awali dari dalam rumah masing-masing dengan kesadaran akan  pentingnya kesehatan baru di lanjutkan dengan gerakan serentak di lingkungan. Dan tidak lupa Babinsa mengingatkan kepada warga masyarakat  agar dalam kegiatan ini perhatikan faktor keamanan. (SSY’95/Pendim)

     

     

     

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *