Memasuki Musim Tanam, Babinsa Bersama POPT, PPL dan Gapoktan Lakukan Pengendalian Hama Tikus

Memasuki Musim Tanam, Babinsa Bersama POPT, PPL dan Gapoktan Lakukan Pengendalian Hama Tikus

KODIM 0709/KEBUMEN – Memasuki Musim Tanam pertama ( MT. 1 ) Babinsa Desa Mangli Koramil 19/ Kuwarasan Serda Slamet Supriyono bersama petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman ( POPT ), PPL BPP Kecamatan  Kuwarasan dan Gapoktan Tani Makmur Desa Mangli Lakukan Gerakan Pengendalian hama Tikus di areal persawahan desa Mangli Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen, Jum’at (17/01/2020).

Tikus (Rattus argintiventer) termasuk hama utama pada tanaman padi. Serangan hama tikus ini bisa terjadi pada semua fase pertumbuhan tanaman padi, mulai dari masa persemaian  (fase vegetatif) hingga fase generatif. Seperti yang di lakukan para petani ini masuk masa persemaian padi di desa Mangli ini yang memasuki pada musim tanam padi MT. 1 (satu)

Sesuai kesepakatan bersama pada kegiatan pertemuaan Kelompok Tani yang telah diadakan sebelumnya, maka pada  bulan Januari ini dilaksanakan kegiatan pengendalian hama tikus secara massal. Adapun bentuk kegiatan pengendalian yang dilakukan adalah pengumpanan dengan menggunakan rodentisida / racun tikus.

Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) H. Suwardi mengatakan bahwa, Kegiatan pengendalian hama tikus kali ini menggunakan rodentisida Kovin plus. Rodentisida diberikan melalui makanan atau umpan untuk membunuh hama tikus dengan cara umpan di letakkan di habitat utama tikus, di lubang lubang persembunyian dan juga di sepanjang pematang sawah ( Galengan ).

Sementara Serda Slamet S  selaku Babinsa Mangli yang melaksanakan pendampingan kegiatan tersebut mengatakan, “Semoga dengan adanya kegiatan pengendalian hama tikus Secara masal ini diharapkan dapat menekan populasi tikus di masa tanam mendatang”. harap Babinsa (SSY’95/Pendim)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *