Pelda Sugiyono Babinsa Petanahan Bantu Bersihkan Gulma

Pelda Sugiyono Babinsa Petanahan Bantu Bersihkan Gulma

KODIM 0709/KEBUMEN. Babinsa Koramil 16/Petanahan Pelda Sugiyono melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian sebagai upaya khusus (Upsus) dalam rangka membantu petani melakukan penyiangan gulma di Desa Ampelsari Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Sabtu (04/01/20).

Kegiatan yang dilakukan Pelda Sugiyono ini bertujuan agar tanaman terbebas dari hama terutama rumput liar yang tumbuh disela-sela tanaman padi. Wilayah Kecamatan Petanahan merupakan lahan sawah tada hujan dimana umumnya tidak mendapatkan pasokan air dari irigasi, hanya mengandalkan hujan.

“Tanam padi di wilayah Kec. Petanahan sudah dimulai sejak dari awal Desember tahun lalu, sedangkan wilayah lain merupakan area pesawahan didukung saluran air namun hingga kini belum melakukan tanam. Memang cukup mengandung resiko jika nantinya hujan tidak segera turun dikwatirkan tanaman akan mengalami kekeringan atau puso.” ujar Pelda Sugiyono.

Lanjut Sugiyono, “Solusinya kita menggunakan alat penyedot air biaya untuk tanam pun bisa membengkak, para petani disawah tada hujan tentunya berharap hujan saat ini bisa membantu memberikan solusi agar tanaman dapat tumbuh dengan baik serta tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya untuk pengadaan air.” pungkasnya.

Penyiangan dilakukan selain untuk membuang rumput yang tumbuh sekitar tanaman juga untuk menggemburkan tanah supaya tanaman dapat tumbuh subur tanpa gangguan dari gulma. (Pendim).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *