Wujudkan Swasembada Pangan, Babinsa, PPL dan Petani Tanam Perdana

Wujudkan Swasembada Pangan, Babinsa, PPL dan Petani Tanam Perdana

KODIM 0709/KEBUMEN, Peltu Sugiyatman bersama dua anggota  dari Koramil 07/Sadang bersama PPL  dan para petani melaksanakan kegiatan tanam padi perdana bersama dengan pola tanam jajar legowo di lahan sawah milik Bapak Supartono warga Desa Sadangwetan Kec. Sadang Kab. Kebumen. Kamis (2/1/20).

Menurut Kepala  PPL Kec. Sadang Kundari, “masa tanam di desanya mengalami keterlambatan karena faktor cuaca selama tahun 2019 mengalami kemarau panjang, disamping itu saluran irigasi belum dapat memenuhi kebutuhan air untuk masa tanam dikarenakan wilayah Sadangwetan air dari aliran Sungai Lukulo belum bisa memenuhi kebutuhan sawah juga dikarenakan faktor cuaca kemarau dan air sungai surut, disamping itu rata-rata sawah di wilayah ini merupakan lokasi tada hujan, sehingga hujan menjadi faktor harapan bagi para petani, namun demikian peran PPL dan Babinsa di wilayah tetap diharapkan sebagai peran langsung dalam upaya khusus pendampingan pertanian.” ujarnya.

Kundari juga menegaskan, “Peran Babinsa dan PPL masih sangat dibutuhkan untuk mewujudkan ketahanan pangan sekaligus dalam mencapai swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah. Alhamdulillah kini kita bisa mulai tanam semoga pengairan bisa berjalan lancar.

Supartono sang pemilik lahan mengakui manfaat keberadaan Babinsa serta PPL, dimana dia masih eksis membantu para petani dalam mensukseskan program swasembada pangan ini.

“kami para petani meminta agar peran Babinsa dan PPL terus dipertahankan dan ditingkatkan  guna membantu mengatasi kendala yang dihadapi para petani. Tujuan kegiatan pendampingan pertanian yang dilakukan Babinsa dan PPL juga mampu memberikan manfaat dalam menerapkan pola tanam seperti jajar legowo, selain dapat menghemat benih, jajar legowo mampu meningkatkan hasil panen.” ungkap Supatono. (Pendim)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *