Ajak Cintai Alam, Danramil 22/Ayah Hijaukan Bukit Desa

Ajak Cintai Alam, Danramil 22/Ayah Hijaukan Bukit Desa

KODIM 0709/KEBUMEN. Danramil 22/Ayah Kapten Caj Soeko Wardojo bersama Camat Ayah BP. Drs. Munadi, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili BP. Ikhsanudin, Kepala Desa Karangduwur BP. Sutono, para relawan Tagana dan warga Desa Karangduwur melaksanakan aksi penghijauan dengan menanam pohon jati di area perbukitan wilayah Desa Karangduwur Kec Ayah Kab Kebumen. Kamis (13/02/2020)

Sekitar 100 pohon jati ditanam di perengan bukit yang kini menjadi lokasi Obyek Wisata Sawangan Adventure. Bibit bantuan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Kebumen itu, diperuntukan guna menghijaukan kembali area perbukitan Desa Karangduwur Kecamatan Ayah tersebut.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya mendukung program penghijauan yang dicanangkan pemerintah maupun oleh TNI AD secara serentak di seluruh Indonesia melalui serbuan teritorialnya. Kehadiran Koramil ditengah-tengah masyarakat sebagai peran aktif membantu pemerintah daerah dibidang penghijauan lingkungan yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keseimbangan alam.Melalui kegiatan ini sebagai wahana mengajarkan kepada generasi muda untuk mencintai alam, maka ekosisten dan lahan terbuka hijau sebagai paru paru dunia tetap lestari dari generasi ke generasi.

“Menanam sama juga menabung untuk hari depan. Pohon yang sudah ditanam sekarang suatu saat nanti kalau sudah besar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.” terang Danramil Kapten Caj Soeko Wardojo.

BP Sukiran warga Desa Karangduwur dalam kegiatan itu mengatakan, “akar tanaman Jati  yang kuat akan memperkokoh kultur tanah sehingga tanah akan tahan dan tidak mudah longsor. Akar pohon-pohon juga dengan mudah menyerap air, hal ini sabagai cadangan saat kemarau tiba,” ungkap Kades.

Penghijauan yang melibatkan 200 orang dari berbagai lapisan masyarakat itu tampak antusias, kompak dan penuh kebersamaan, hal itu mencerminkan persatuan yang kuat. Demikian yang ditunjukan masyarakat Desa Karangduwur. (Pendim)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *