Babinsa Koramil Alian Jadi Pembina Upacara, Ajarkan Sopan Santun

Babinsa Koramil Alian Jadi Pembina Upacara, Ajarkan Sopan Santun

KODIM 0709/KEBUMEN. Serda Suwitno Babinsa Koramil 08/Alian bertindak selaku pembina upacara bendera di SD Negeri 1 Bojongsari, Kecamata Alian, Kabupaten Kebumen. Senin (24/02/20).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Sekolah SD Negeri 1 Bojongsari Bpk Edi Sutrisno S .Pd, para guru SD N 1 Bojongsari dan seluruh murid kelas 1 s.d kelas 6 SD N 1 Bojongsari.

Dalam amanatnya Serda Suwito mengatakan, “Alhamdulillah bapak diamanahi pembina upacara hari ini, bapak disini akan menyampaikan amanat pembina upacara yang bertema Sopan Santun, Sopan santun adalah sikap yang harus ditanamkan sejak masih kecil karena sopan santun termasuk akhlak terpuji.

Seseorang dapat di ketahui bahwa ia berpendidikan atau tidak dengan cara melihat sopan santun yang dimilikinya jika ia memiliki sopan santun maka ia dapat di pastikan sebagai orang yang berpendidikan. Sudah sepantasnya seseorang memiliki sikap sopan dan santun dari banyaknya manfaat yang kita rasakan dengan adanya sifat sopan santu. Contohnya : kita akan disukai banyak orang, di hormati orang, di segani orang, dan masih banyak yang lainnya.

Bagaimanakah caranya agar kita bisa menerapkan sikap sopan santun didalam kehidupan kita ?. Caranya cukup mudah, anak-anak, misalnya kita berbicara dengan menggunakan bahasa yang sopan (kromo inggil, bahasa indonesia yang baik, bahasa yang halus) terhadap orang yang lebih tua, sedangkan untuk teman-teman seumuran kita, kita bisa menggunakan bahasa yang baik tidak berbicara buruk/kasar.

Anak-anakku sekalian, coba kalian praktekkan sikap sopan santun mulai sekarang, misalnya berbicara menggunakan bahasa indonesia yang baik/bahasa yang halus (lemah lembut) serta memperhatikan lawan bicara yang kamu ajak berbicara. Kemungkinan besar besar mereka akan membalasnya dengan bahasa yang baik juga.

Sopan santun juga bisa kita praktekkan dalam hal lain, misalnya kita praktrkan dengan cara berperilaku atau bertindak seperti orang yang rendah hati. Misalnya: ketika kamu berjalan melewati sekumpulan orang, kamu bisa mengucapkan permisi sambil memberikan senyuman.” Katanya. (Pendim).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *