Batituud Koramil 04/Karanganyar, Menghadiri Acara Penyusunan RDKK

Batituud Koramil 04/Karanganyar, Menghadiri Acara Penyusunan RDKK

KODIM 0709/KEBUMEN. Batituud Koramil 04/Karanganyar menghadiri rapat penyusunan RDKK untuk tahun 2021, bertempat di Kantor BPP Pertanian Kecamatan Karanganyar,  Kamis (27/02/2020).

Diera digital dan Modernisasi seperti sekarang ini segala aspek telah memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, tidak terkecuali pada sektor pertanian. Alokasi pupuk bersubsidi oleh pemerintah ditetapkan berdasarkan usulan RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) yang disusun oleh kelompok tani yang didampingi oleh penyuluh pertanian lapangan.

Dalam sambutannya Kepala Korlap Pertanian Kecamatan Karanganyar Ibu Sri menyampaikan beberapa informasi terkait program yang sudah terlaksana yakni penyaluran bibit padi tahun 2019 bantuan dari pemerintah kepada para Petani yang sudah tersalurkan melalui Gapoktan dan Poktan. Kedepannya untuk penebusan pupuk bersubsidi menggunakan Kartu Tani.

Pada kesempatan tersebut Serma Sularso menyampaikan “Tujuan dilaksanakan acara ini adalah untuk mewujudkan penyediaan pupuk yang tepat sasaran dan tepat guna dengan enam prinsip yaitu (tepat jenis, tepat jumlah, tepat tempat, tepat waktu, tepat mutu dan tepat harga,” tutur Sularso.

Camat Karanganyar Bpk. Prawoto, S.Sos menyampaikan “Dari Rakor ini diharapkan optimalisasi input dan verifikasi e-RDKK di Tahun 2020 akan menentukan ketepatan, kecukupan, dan ketersediaan alokasi pupuk subsidi di tahun 2020 sehingga mendukung peningkatan produksi,”.

“Para petani juga diharapkan dapat membuat inovasi baru menanam tanaman pangan selain padi. Bisa jagung, ubi, porang untuk menambah perekonomian dengan memanfaatkan lahan kosong,” pungkasnya.

Pada akhir acara disepakati hasil rapat terkait pengusulan alokasi jumlah pupuk bersubsidi untuk wilayah Kec. Karanganyar dan dilaporkan secara online ke Dinas pertanian. (Pendim)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *