Cinta Tanah Air, Batituud Buluspesantren Berikan Wasbang Satlinmas

    Cinta Tanah Air, Batituud Buluspesantren Berikan Wasbang Satlinmas

    KODIM 0709/KEBUMEN. Batituud Koramil 13/Buluspesantren Pelda Ahmad Tarudin memberikan pembekalan materi wawasan kebangsaan kepada 35 anggota Linmas dari perwakilan desa se Kecamatan Buluspesantren yang digelar di gedung serbaguna Desa Bocor, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, Selasa (25/02/20)

    Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam partisipasinya sebagai garda terdepan keamanan lingkungan. Pada kesempatan itu Pelda Ahmad Tarudin menjelaskan tentang hakekat anggota Satlinmas adalah warga negara Indonesia yang penuh ikhlas dan tulus membantu membina masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala ancaman kejahatan dan pelanggaran di masyarakat untuk membantu pemerintah daerah, TNI, dalam upaya pertahanan negara serta perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di desa atau kelurahan.

    Pelda Amad Tarudin lebih jauh mengatakan,”Pembekalan wawasan kebangsaan dilakukan untuk mendorong para anggota Linmas agar memiliki rasa cinta tanah air serta mempererat rasa persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara dan juga untuk menambah pemahaman tentang empat pilar kebangsaan, yakni : Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tuggal Ika dan NKRI. Selain itu kata Tarudin, Linmas memiliki tugas pokok dalam rangka menciptakan ketertiban, keamanan dan ketentraman  di masyarakat.

    Selain itu, lanjut Tarudin, Satlinmas juga mempunyai beberapa fungsi, yaitu membantu memelihara dan meningkatkan kondisi serta tata tertib dikalangan Masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang di timbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa.” terang Tarudin.

    Hadir pada kegiatan itu, Kasat Pol PP Kab. Kebumen di wakili Kabid Linmas Bp. Rohmat, S. Sos, Camat Buluspesantren Drs. Budi Suwanto, M. Si, Danramil 13/Buluspesantren Lettu Inf Nowo Kiswanto, Kasi Trantib Rahmat Aris, S. Sos, Kapolsek Buluspesantren diwakili Kanit Binmas Bripka Kurnia. (Pendim)

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *