Kepedulian Babinsa Bantu Normalisasi Saluran Irigasi Desa Waluyo

Kepedulian Babinsa Bantu Normalisasi Saluran Irigasi Desa Waluyo

KODIM 0709/KEBUMEN. Saluran air di Desa Waluyo Dukuh Jurutengah yang menghubungkan Desa Waluyo dengan Desa Setrojenar Kec. Buluspesantren Kab. Kebumen, sering terjadi penyumbatan dan menyebabkan beberapa dampak buruk bagi warga sekitar.

Hal ini membuat warga merasa tidak nyaman karena kondisi tanah yang lembab dan dapat merusak struktur bangunan rumah serta jalan, bahkan dapat menjadi tempat berkembangbiaknya berbagai bibit penyakit.

Babinsa Koramil 13/Buluspesantren Serda Raden Wiji Wahono dan Serda Rahmat Bambang Budiono bersama warga masyarakat setempat melaksanakan karya bakti dengan sasaran pembuatan talud untuk normalisasi saluran air di lingkungan persawahan Desa Waluyo Senin (03/02/2020)

Sebelum dibuat talud, warga bergotong royong membersihkan endapan tanah dan pasir serta rumput pada pereng-pereng saluran irigasi untuk memperlancar aliran air. Babinsa menjelaskan bahwa tujuan dari normalisasi saluran air ini antara lain untuk mengurangi kelembaban tanah yang menyebabkan kondisi tidak nyaman bagi warga bahkan dapat menjadi salah satu penyebab genangan air dan menjadi tempat berkembangbiaknya berbagai bibit penyakit

Karya bakti dilaksanakan dalam suasana semangat kegotongroyongan warga Desa Waluyo agar lingkungan mereka terhindar dari bencana banjir sehingga saat hujan tiba dapat melancarkan arus air dan tidak terjadi lagi genangan air yang tersumbat dengan endapan tanah yang bisa menyebabkan banjir di lingkungan pemukiman desa Waluyo. (Pendim)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *