Sukseskan Data Valid, Bati Tuud Rowokele Hadiri Rakoord SP 2020

Sukseskan Data Valid, Bati Tuud Rowokele Hadiri Rakoord SP 2020

KODIM 0709/KEBUMEN. Rapat Koordinasi sensus penduduk Tahun 2020 yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kebumen diselenggarakan di Pendopo Kantor Kecamatan Rowokele, Jumat (21/02/20).

Dalam pelaksanaannya sensus penduduk tidak lagi menggunakan data manual melainkan menggunakan sistem online. Hal inilah yang dibahas dalam rapat kali ini. Sosialisasi kepada masyarakat terkait begitu pentingnya sensus penduduk mengingat data yang ada sangat penting guna mengetahui kondisi masyarakat secara cepat. Melalui online ini maka akan segera diketahui kemiskinan, pertumbuhan penduduk, ekonomi dan lainnya dengan cara mengakses semuanya melalui handphone.

Sebagai Informasi, Sensus Penduduk Online (SPO) adalah sistem dimana masyarakat harus mengupdate diri sendiri melalui link yang sudah disediakan oleh Badan Pusat Statistik.

Perwakilan Staf BPS Kabupaten Kebumen  Bpk Bayu mengatakan,”Setiap masyarakat akan melaksanakan sensus penduduk secara keseluruhan pada tahun 2020 ini, bagi masyarakat yang belum melakukan sensus penduduk secara online, akan dilakukan sensus secara wawancara terhitung dari tanggal 1 s.d 31Juli 2020 mendatang, dengan harapan masyarakat yang melakukan akses sensus secara online ini dapat menjangkau seluruhnya,” terangnya.

Dikatakan Serka Suratno, ”Update SPO ini akan dilaksanakan secara berkala guna mengetahui jumlah penduduk dengan seluruh komponennya (Jenkel, usia, profesi dll) dapat termonitor melalui 1 aplikasi yang sudah dibuat oleh BPS, jadi akan memudahkan masyarakat untuk mengupdate kependudukan secara diri sendiri tanpa harus ke Kantor BPS,” terangnya.

Suratno juga mengatakan bahwa, “Rapat koordinasi ini merupakan bentuk upaya BPS dalam mensosialisasikan SPO kepada publik sehingga dalam pelaksanaannya dapat memudahkan pendataan.” terang Serka Suratno. (Pendim)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *