Cegah Penyebaran Virus Corona, Muspika Karanganyar Gelar Sosialisasi

Cegah Penyebaran Virus Corona, Muspika Karanganyar Gelar Sosialisasi

KODIM 0709/KEBUMEN. Serma Sunarko anggota Koramil 04/Karanganyar menghadiri acara sosialisasi mengantisipasi dan mencegah penyebaran  virus Corona (Covid 19) tingkat Kecamatan Karanganyar bertempat di Pendopo Kec. Karanganyar, Kamis (19/03/2020).

Acara ini dihadiri oleh Camat Karanganyar Prawoto, S.Sos, Aiptu Dodo Pranowo mewakili Kapolsek Karanganyar, Serma Sunarko dari Koramil 04/Karanganyar, Ka UPTD Puskesmas Karanganyar dr. Agus Sapariyanto selaku Narasumber, Kades/Kalur se-Kec. Karanganyar dan Kepala Sekolah tingkat SLTP, SLTA/Kejuruan se-Kec. Karanganyar.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rapat terbatas yang  sehari sebelumnya diselenggarakan oleh Camat Karanganyar bersama Muspika, Puskesmas dan Korwil Cambidik. Dalam sosialisasi itu dr. Agus Sapariyanto menyampaikan terkait virus Corona, cara penyebaran dan pencegahannya.

Menurut dr. Agus Sapariyanto, Corona merupakan virus berukuran besar. Diameter virus ini 400-500 micro, sehingga masker jenis apa pun dapat mencegah masuknya ke tubuh kita dan tidak perlu menggunakan masker yang mahal. Virus corona tidak melayang di udara, tapi menempel pada benda, sehingga penularannya tidak melalui udara. Virus corona dapat hidup selama 10 menit, sehingga menyediakan sterilizer berbahan dasar alkohol cukup untuk berjaga-jaga. Sebagai antisipasi pencegahan kita dapat berkumur sampai dalam dengan air hangat dan garam akan membunuh virus corona di sekitar anak tekak (telak) dan mencegahnya masuk kedalam paru-paru. Dengan mengikuti petunjuk ini cukup untuk mencegah virus corona, tegas dr. Agus Sapariyanto.

Camat Karanganyar Prawoto, S.Sos menyampaikan masyarakat diharapkan lebih memahami apa itu Corona Virus Disease (Covid-19), gejala-gejala yang ditimbulkan dan mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencegah jika sudah terkena dampak seperti yang sudah disampaikan dr. Agus Sapariyanto. Kepada Lurah dan Kades agar memberikan himbauan kiranya masyarakat jangan panik, tetap tenang dan tidak menyebarkan informasi yang belum tentu benar, hindari kegiatan keramaian, apabila batuk flu dan demam segera memakai masker dan berobat ke faskes terdekat.

Sementara Serma Sunarko menyampaikan pihak Koramil melalui peran Babinsa akan membantu melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat. Kita tidak perlu berlebihan menanggapi virus ini, kuncinya selalu waspada. Untuk pencegahan, jaga pola hidup sehat yakni dengan istirahat cukup, memperbanyak makanan sayur dan buah-buahan, rutin berolahraga, serta hindari merokok dan minuman beralkohol agar imun tubuh meningkat. Jangan lupa untuk sering mencuci tangan dan menggunakan masker jika sedang sakit,”  ucap Sunarko.

Dari hasil sosialisasi hari ini disepakati bahwa kegiatan sosialisasi akan dilanjutkan ke tingkat desa/kelurahan dengan memberdayakan peran pemerintah desa, Bidan Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan para Kader yang ada di masing-masing desa. (Pendim)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *