Dandim 0709/Kebumen Gelar Rapat Penanganan Virus Covid-19

Dandim 0709/Kebumen Gelar Rapat Penanganan Virus Covid-19

KODIM 0709/KEBUMEN. Menyikapi maraknya penyebaran virus corona atau covid-19 di wilayah Kabupaten Kebumen, Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara. M. S.E., M.M beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Kebumen menggelar rapat koordinasi percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Kebumen dan telecomfren bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dipimpin Wakil Bupati Kebumen H. Arif Sugiyarto, S.H selaku Ketua Gugus Depan Penanganan Covid-19 yang dihadiri sikitar 60 orang peserta bertempat di Aula Dinkes Kabupaten Kebumen. Senin (23/3/20).

Menurut Ketua Gugus Depan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen H. Arif Sugiyarto, S.H kepada Gubernur melaporkan, jumlah pasien PDP di Kebumen ada 17 orang  dan ODP 234 dan 2 orang PDP meninggal dunia 1 sudah dilakukan Tes Swap dengan hasil negatif dan yang satu belum dilakukan terhadap yang meninggal, kami melakukan langkah-langkah keluarganya untuk kita karantina mandiri dan bahan pokok sudah kita kirimkan kemudian dilakukan penyemprotan desinfektan.

Kami Pemerintah Kabupaten Kebumen mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur atas bantuan masker sebanyak 750 box, vitamin C sebanyak 340.000 butir, bahan untuk desinfektan bayklin, lysol, alkohol dan sarung tangan sudah kami terima. Kemudian kami juga mengucapkan terima kasih kepada dokter-dokter yang yang telah merespon kesulitan dalam tindakan oral swab di seluruh rumah sakit se Kabupaten Kebumen terhadap kejadian dan kasus Covid-19 ini.

Untuk menyingkapi hal ini kami telah melakukan langkah-langkah seperti, kami rapat hari Sabtu tanggal 14 Maret 2020 dari pukul 13.00 s/d 17.00 wib, kami membentuk command center, kami membentuk Gugus Penanganan Covid-19 pada tanggal 17 Maret 2020 dan saya sendiri menjadi ketua Gugusnya.

Kami sampaiakan juga kepada Bpk  Gubernur dari Forkopimda dan seluruh direktur rumah sakit di Kebumen baik negeri maupun swasta  sudah menyiapkan diri untuk menerima pasien baik ODP maupun PDP dan apabila ada pasien positif Corona kami sudah menyiapkan rumah sakit RSUD Kabupaten Kebumen untuk menjadi rumah sakit rujukan.

Di RSUD Kabupaten Kebumen sudah menyiapkan 17 ruangan yang nanti semuanya akan ada 38 ruangan dan kami juga sudah merapatkan seluruh penyedia Sembako untuk mensuplai selama 3 bulan kedepan kecuali gula. Kami juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan sebanyak 185 lokasi dilaksanakan oleh Satgas dan TNI dan pada hari Jumat besok Kabupaten Kebumen akan melakukan penyemprotan secara massal dan mandiri yang akan dikomandoi oleh gugus depan dan bekerjasama dengan Forkopimda Kabupaten Kebumen dalam pelaksanaannya.

Usai mendengarkan laporan Ketua Gugus Depan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen H. Arif Sugiyarto, S.H, Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo SH, M.IP juga mengatakan, “tolong tekankan lagi pelaksanan pembersihan disinfektan di tempat-tempat yang sering dipegang oleh masyarakat, sehingga bisa menghambat penyebaran virus ini, karena penyebaran virus ini tidak kemana-mana untuk itu kegitan penyemprotan fokuskan di tempat-tempat umum yang ramai dikunjungi masyarakat seperti pasar, terminal, pusat perbelanjaan, mol dan lain-lain serta sosialisasikan hidup bersih, intinya digencarkan  ke masyarakat supaya penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan.

Usai telecomfren dengan Gubernur Jawa Tengah, ketua Gugus depan penanganan Covid-19 H. Arif Sugiyarto, S.H melanjutkan kegiatan rapat koordinasinya dengan memberikan sambutan, “Kegiatan peryemprotan masal akan dilakukan pada hari Jum’at 27 Maret 2020 dan gugus akan mendatangi semua camat sebagai coordinator, untuk masyarakat melakukan pembersihan di rumah masing-masing baik di gagang pintu atau ruang tamu.

Pembersihan dilakukan sehari 3 kali secara mandiri menggunakan disinfektan yang dibuat sendiri atau membeli secara mandiri. Guna mencegah terjangkitnya Virus Covid-19 pada manusia, maka manusia tersebut dilakukan pembatasan sosial selama 14 hari. Karena belum tentu orang tersebut tertular tapi bisa menularkan.

Melalui RT dan RW dihimbau agar warganya melakukan kebersihan dirumah masing-masing, jalan protokol akan disemprot menggunakan truk pemadam kebakaran. Di wilayah Kabupaten Kebumen guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 ini sesuai intruksi dari pemerintah sudah meliburkan seluruh sekolah baik negeri maupun swasta sampai tanggal 28 Maret 2020.

Hal serupa juga diperjelas oleh Kapolres Kebumen AKBP DR. Rudi Cahya Kurniawan S.H, M.H. ia mengatakan, “Kita semua harus mendukung kebijaksanaan Presiden dengan adanya pembatasan sosial sesuai UU NO.6 tentang karantina kesehatan dengan tahap sesuai dengan pasal 50, 51 dan pasal 52 tentang Karantina. Kita semua harus peka tentang perkembangam situasi baik di daerah maupun pusat tentang perkembangan merebaknya virus Covid-19 sehingga dari pihak pemerintah harus selalu melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat dan melaksanakan pembatasan sosial di masyarakat berdasrkan UU No.6 tadi. Di Indonesia tidak ada lockdown sehingga masyarakat yang harus mempunyai inisiatif yang tinggi untuk menghambat penyebaran virus Covid-19 ini.” jelas Kapolres.

Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara. M. S.E,M.E juga menegaskan terkait merebaknya virus Covid-19. Dandim selaku pengarah Tim Gugus Depan dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Kebumen mengatakan, “Sudah banyak aksi yang sudah di lakukan untuk  pencegahan Covid-19 tetapi kita perlu sinergitas antar lembaga, dari Kodim sendiri sudah dapat perintah dari Kasad pada tanggal 27.28 29 Maret 2020 melaksanakan kegiatan pembersihan secara serentak  di seluruh wilayah Kabupaten Kebumen dan sudah kami siapkan 100 prajurit siap untuk digerakan dalam kegiatan pencegahan Covid-19 ini. Kodim juga menyiapakan 1 unit kendaraan untuk sosialisasi kepada masyarakat guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Kebumen.

Ketua FKUB Kabupaten Kebumen KH. Dawammudin M.Pd mengingingkan adanya kepastian pemerintah terkait dasar hukum berupa penerbitan surat resmi kepada seluruh masyarakat Kebumen tentang kegiatan keagamaan, sehingga kami bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat jika mau melaksankan acara keagamaan sementara bisa ditunda sampai ada keputusan lebih lanjut.

Hadir dalam acara tersebut, Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara. M. S.E., M.M, Kapolres Kebumen AKBP DR. Rudi Cahya Kurniawan S.H, M.H, Wakil Bupati Kebumen sekaligus Ketua Gugus Depan Penanganan Covid-19 H. Arif Sugiyarto, S.H, Sekda Kabupaten Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiyono, S. H, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen Dr. H. Dwi Budi Satriyo M.Kes, Kepala Dishub Kabupaten Kebumen R.A.I Ageng Sulistio M.Si, Kepala Dispora Wisata Kabupaten Kebumen Azam Fathoni M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen Amirudin S.IP, Kepala Kesbangpol Kabupaten Kebumen H. Nur Takwa Setyabudi, S.H, Plt. Kepala BPBD Kabupaten Kebumen Teguh Kristianto S.E., M.Si, Kepala BPKAD Kabupaten Kebumen Drs Aden Andri Susilo M.Si, Kepala Dispermades P3A Kabupaten Kebumen Frans Haidar M.Si, Ketua PCNU Kabupaten Kebumen KH. Khamid M.Pd dan Camat se Kabupaten Kebumen. (Pendim)

 

 

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *