Dandim Kebumen Ajak Siswa Tingkatkan Kecintaan Terhadap Nilai-Nilai Pancasila

    Dandim Kebumen Ajak Siswa Tingkatkan Kecintaan Terhadap Nilai-Nilai Pancasila

    KODIM 0709/KEBUMEN. Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara. M. S.E., M.M bertindak selaku inspektur upacara bendera pada pelaksanaan upacara bendera di  SMK Negeri 1 Gombong. Senin (9/3/20).

    Dalam sambutannya Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara. M. S.E., M.M mengatakan, “Kehadiran globalisasi ditandai dengan perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang sangat pesat dan dapat mempengaruhi semua bidang kehidupan suatu negara dibidang Ipoleksosbud Hankam termasuk Indonesia.

    Kondisi nyata seperti ini telah terjadi penyimpangan perilaku dikalangan remaja dan kurang peduli dengan kegiatan yang berhubungan dengan patriotisme dan nasionalisme. Hal semacam ini sangat miris kita temukan bahwa masyarakat sangat minim memiliki wawasan kebangsaan dan di buktikan 10 % masyarakat tidak mampu menyebutkan nilai-nilai Pancasila dan 67 – 68 % yang mengetahui tentang NKRI & Bhinneka Tunggal Ika.

    Upaya peningkatan wawasan kebangsaan melalui pendidikan telah diatur menurut undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa. Pendidikan wawasan kebangsaan bagi pelajar dan masyarakat mampu mengembalikan eksistensi bangsa Indonesia sebagai bangsa yang beradab, toleran dan menghargai nilai-nilai kemanusiaan. Oleh karena itu perlu adanya pemberian pemahaman akan wawasan kebangsaan pada generasi muda.

    Kegiatan ini juga dapat meningkatkan pengetahuan dan kecintaan terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta memupuk rasa mental dan keberanian para generasi muda untuk berkompetisi secara jujur dan sehat.” terangnya.

    Selain Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS.Prawira Negara. M. S.E., M.M, hadir Kakesbangpol Kab. Kebumen Nurtaqwa Setya Budi. S.H, Kepala SMK N 1 Gombong Drs. Haryoko. M.M, Camat Gombong Suis Idawati S.Sos dan Danramil 02/Gombong Kapten Inf Ali Kuntara beserta anggota. (Pendim)

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *