Rawan Longsor, Babinsa Sempor Ajak Perangkat Desa Pantau Wilayah

Rawan Longsor, Babinsa Sempor Ajak Perangkat Desa Pantau Wilayah

KODIM 0709/KEBUMEN. Babinsa Koramil 03/Sempor Koptu Sukirman memantau langsung lokasi-lokasi rawan bencana di Desa Semali, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Rabu (11/03/20).

Tujuan Koptu Sukirman mengajak perangkat desa untuk mengetahui kondisi langsung di lapangan sebagai bahan rapat dan pertimbangan memutuskan langkah antisipasi dan upaya mitigasi.

“Kami punya tanggungjawab untuk memutakhirkan data dan informasi di wilayah khususnya pada lokasi-lokasi rawan bencana sebagai bahan masukan dan menentukan kebijakan dan bahan laporan kepada pimpinan.” kata Koptu Sukirman.

Danramil 03/Sempor Kapten Inf Suwarno membenarkan anggotanya melakukan cek wilayah binaan, “Hal ini sesuai perintah saya agar saat musim penghujan seperti sekarang ini, para Babinsa saya minta aktif di wilayah untuk memonitor desa binaannya masing-masing, termasuk yang dilakukan Koptu Sukirman terhadap potensi rawan longsor. Babinsa lainnya pun saya perintahkan untuk terus diwaspadai dan memantau setiap hari perkembangan wilayah mereka terlebih saat hujan tiba.” terang Danramil kepada Pendim.

Lanjut Danramil Kapten Inf Suwarno juga dikatakan, “Kini kami tidak lagi menitikberatkan pada penanganan pasca bencana tetapi lebih pada proses antisipasi dan pengurangan risiko bencana itu sendiri,” imbuhnya. (Pendim)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *