Tekan Penyebaran DBD, Babinsa Karanganyar Ajak Warga Lakukan PSN

    Tekan Penyebaran DBD, Babinsa Karanganyar Ajak Warga Lakukan PSN

    KODIM 0709/KEBUMEN. Babinsa Koramil 04/Karanganyar Serda Daryono ajak warga berperilaku hidup bersih, hal itu disampaikan Babinsa saat melakukan pendampingan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) bersama Kepala Kelurahan Jatiluhur Ibu Amsiati, S.E, para Kader PKK Jumantik di Dukuh Jerukgulung RT 02 RW 04 Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. Jumat (13/03/20).

    Lebih jauh Babinsa Serda Daryono mengatakan, “Guna pencegahan terhadap kemungkinan ancaman penyakit demam berdarah di lingkungan kita, maka hari ini kita bersama-sama ibu Lurah, ibu-ibu Kader melaksanakan PSN di seluruh penjuru desa. Harapan akan terus kita lakukan gerakan PSN ini guna antisipasi mewabahnya ancaman penyakit demam berdarah.

    Masih menurut dia, “Lakukan 3 M plus diantaranya Menguras, Menutup dan Mengubur serta Mendaur ulang barang-barang bekas agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya (Breading Place) jentik nyamuk Aedes Aegpty.” terang Babinsa.

    Hal senada juga disampaikan Kepala Kelurahan Jatiluhur Ibu Amsiati, S.E, “Perlu kita waspadai bersama, dimusim penghujan banyak terjangkit penyakit Demam Berdarah, guna mengantisipasi hal tersebut , kita bersama-sama dengan semua elemen masyarakat secara serentak melaksanakan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk, seperti yang dilaksanakan pada hari ini. Dengan menghimbau warga agar barang bekas yang tidak digunakan segera dikubur sehingga tidak digunakan nyamuk untuk bertelur,” tandas Amsiati.

    Lanjut Bu Lurah, “PSN pada dasarnya pemberantasan jentik agar nyamuk tidak berkembang biak. Masyarakat harus mengambil peran lebih besar dalam memberantas jentik nyamuk ini. Sebab, nyamuk sebagai pembawa virus dengue, penyebab DBD ada dan tinggal di lingkungan kita. Lakukan kegiatan sederhana sebagai strategi utama dalam menekan penyebaran penyakit Dengue dengan melakukan langkah seperti menguras bak mandi secara berkala, menutup tampungan air dan melipat baju-baju yang digantung. Langkah ini akan efektif untuk mengurangi timbulnya penyakit DBD. Untuk itu budayakan hidup bersih, baik di lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah, tempat kerja dan tempat-tempat lainnya, maka penyebaran DBD bisa kita minimalisir, terutama saat musim penghujan.” imbuhnya. (Pendim)

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *