Babinsa Koramil 04/Karanganyar Hadiri Musdes APBDes Perubahan

    Babinsa Koramil 04/Karanganyar Hadiri Musdes APBDes Perubahan

    KODIM 0709/KEBUMEN. Sesuai instruksi Pemerintah Kabupaten Kebumen, Pemerintah Desa untuk membentuk Relawan Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyebaran Coronavirus Disease (Covid 19). Dalam operasionalnya, Pemdes diarahkan menggunakan APBDes 2020.

    Hal inilah yang mendasari Pemerintah Desa Wonorejo menyelenggarakan “Musdes APBDes Perubahan” bertempat di Pendopo Kantor Desa Wonorejo Kec. Karanganyar, Jumat (3/4/20).

    Hadir dalam acara tersebut Sekcam Kec. Karanganyar Bpk. Tri Mujiyanto, Babinsa Wonorejo Sertu Romadi, Bhabinkamtibmas Briptu Ade Tri, Kades Wonorejo Bpk. Oyong Tri Saputro, Perangkat Desa, Ketua BPD, Ketua LKMD, dan Ketua lingkungan RT/RW se-Desa Wonorejo.

    Dalam sambutannya Sekcam Karanganyar Bpk. Tri Mujiyanto mengatakan “Dalam perubahan APBDes Pemkab sudah mengeluarkan perintah. Dalam perubahan agar dalam APBDes dicantumkan tentang pembangunan lnfrastruktur secara swakelola dengan sistem Padat Karya Tunai Desa (PKTD) untuk memperkuat daya tahan ekonomi desa dan pendapatan masyarakat desa dan penguatan kesehatan masyarakat melalui upaya pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19),” kata Sekcam.

    “Untuk pencegahan dan penanganan covid 19 dengan membentuk relawan desa lawan covid, menginventarisir lokasi untuk isolasi kalau terpaksa, mensosialisasikan pencegahan covid 19 dan mengawasi pergerakan warganya,” tandasnya.

    Sementara Babinsa Wonorejo Sertu Romadi menuturkan “Dengan adanya revisi APBDes Perubahan harapannya perekonomian desa tetap terjaga dan Covid 19 di desa dapat dicegah dan ditangani. Pokok kuncinya dana desa untuk PKTD dan pencegahan dan penanganan Covid 19. Kita semua warga masyarakat desa harus bersatu dan kompak untuk menghadap Covid ini,” tegasnya.

    Dalam kegiatan ini disepakati adanya revisi APBDes Perubahan oleh peserta Musdes. Dan sebagian kegiatan Desa yang tercantum dalam APBDes yang terkait penanganan Covid 19 sudah dilaksanakan seperti Penyemprotan Disinfektan di fasilitas umum seperti Masjid, Musholla, Sekolah, dan kegiatan sosialisasi himbauan kepada masyarakat serta pemberian edukasi berperilaku hidup bersih. (Pendim)

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *