Atasi Padi Puso, Babinsa Posramil Bonorowo Hadiri Gerdal Hama WBC

    Atasi Padi Puso, Babinsa Posramil Bonorowo Hadiri Gerdal Hama WBC

    KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Posramil Bonorowo Sertu Suwarno mengikuti kegiatan pendampingan bersama Poktan Sri Rahayu pada acara gerakan pengendalian wereng batang coklat (WBC) yang digelar Dinas Pertanian Ketahanan Pangan (Distapang) Provinsi Jateng di Desa Pujodadi, Kecamatan Bonorowo, Kabupaten Kebumen. Sabtu (27/6/20).

    Kegiatan tersebut adalah upaya untuk meminimalisir timbulnya hama WBC yang sering menyerang tanaman padi dan meresahkan para petani sehingga mengakibatkan padi menjadi puso dan gagal panen.

    Tampak hadir dalam acara tersebut penyuluh Distapang Provinsi Jateng Didik, Distapang Kabupaten Kebumen Suwarji, UPT Pertanian Kecamatan Bonorowo Ulung, Babinsa Desa Pujodadi Sertu Suwarno, Kades Pujodadi Haryono beserta perangkat, ketua Poktan Sri Rahayu dan sejumlah anggota kelompok tani. Dalam sambutannya Didik mengatakan, “ini adalah upaya kami dari Distapang akan berupaya semaksimal mungkin membantu petani dalam peningkatan hasil pertanian sehinggga hasil panen padi meningkat dan hasil yang maksimal, diharapkan kita menjadi swasembada beras untuk masa yang akan datang.” terang Didik.

    Hal senanda juga disampaikan Slamet, “Kami sangat senang dengan adanya gerakan pengendalian (Gerdal) padat karya ini dengan harapan hasilnya akan meningkatkan hasil panen dan pertanian semakin maju, sehingga kami bisa menjadi distributor gabah.” ungkapnya.

    Menurut Sertu Suwarno hasil panen tahun kemarin di Desa Pujodadi kurang bagus, hal itu disebabkan adanya serangan hama wereng batang coklat sehingga tanaman padi menjadi puso. Dari lahan seluas 50 ubin hanya bisa menghasilkan padi sekitar 2 kwintal, hasil yang kurang memuaskan akibat puso tadi. Bahkan ada sebagian petani yang memanen lebih dini. Kami berharap dengan adanya penyuluhan ini, pengetahuan kami akan meningkat. (Pendim)

     

     

     

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *