Koramil 04/Karanganyar Manfaatkan Lahan Perkantoran

    Koramil 04/Karanganyar Manfaatkan Lahan Perkantoran

    KODIM 0709/KEBUMEN, Upaya pemanfaatan lahan perkantoran dapat dilakukan dengan berbagai cara agar lahan tetap produktif, seperti yang dilakukan sejumlah anggota Koramil 04/Karanganyar yang menanam cabai dengan media polybag di lahan sekitar kantor Koramil, Rabu (04/06/20).

    Kegiatan ini merupakan upaya perimbangan kegiatan melalui program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) guna memberikan contoh kepada masyarakat tentang pentingnya ketahanan pangan mandiri dalam ditengah pandemi Covid-19. Danramil 04/Karanganyar Kapten Inf Agus Sunarko menjelaskan, “Kegiatan ini merupakan sedikit pembelajaran  bagi anggota dan upaya memberikan contoh kepada masyarakat sekitar untuk memperkecil ketergantungan terhadap pasar dan menghemat anggaran belanja keluarga,” tutur Agus.

    Danramil juga menambahkan, “ada beberapa jenis yang bisa kita manfaatkan seperti tanaman cabai, tomat, terong, sayuran lainnya dan tanaman rempah-rempah. Kita manfaatkan lahan kososng sekitar kantor Koramil unruk membiasakan pemanfaatan lahan sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi rumah tangga. Pastinya masyarakat akan teredukasi dengan sendirinya ketika melihat kondisi tanaman itu. Bahkan ini memudahkan kita memenuhi kebutuhan apabila terjadi kelangkaan dari salah satu bahan pokok yang sangat dibutuhkan,” ujarnya.

    “Ketika pemberlakuan aturan untuk tetap di rumah saja, maka kegiatan ini cocok untuk memenuhi kebutuhan belanja dapur keluarga, walaupun pemerintah sudah berupaya memberikan banyak bantuan baik yang secara tunai ataupun non tunai kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, Jika ada kemauan, di sana ada jalan, sebuah peribahasa yang sederhana, tetapi jika dilakoni dapat membawa keberuntungan. Hal itu dapat dipraktikkan bagi siapa saja. Sebagai contoh untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.” pungkas Danramil. (Pendim).

     

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *