Antisipasi Narkoba,Kodim 0709/Kebumen Gelar Sosialisasi P4GN

    Antisipasi Narkoba,Kodim 0709/Kebumen Gelar Sosialisasi P4GN

    KODIM 0709/KEBUMEN, Upaya pencegahan bahaya Narkoba menjadi perhatian yang sangat serius dilakukan Kodim 0709/Kebumen. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Staf Intelijen dengan menggelar kegiatan sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bertempat di Aula Makodim, Jalan Merak No. 3 Panjer Kebumen, Senin (14/09/20).

    Kegiatan ini menggandeng tim medis dari  Pos Kesehatan (Poskes) Klinik Pratama Kartika kodim 0709/Kebumen yang dalam keempatan itu juga dilakukan pengambilan sample pengecekan Urine terhadap sedikitnya 50 anggota Kodim 0709/Kbm baik Prajurit maupun PNS secara acak bertujuan untuk mengetahui kemungkinan adanya anggota yang terlibat narkoba.

    “Narkotika, psikotropika dan zat adiktif lain, berasal dari tanaman atau bukan tanaman yang apabila masuk ke dalam tubuh akan berpengaruh terhadap fungsi tubuh, terutama otak yang megubah perilaku menjadi tidak normal Hal itu dikatakan oleh dr Rr. Arintha yang sekaligus sebagai Nara sumber.

    Narkotika juga dapat menimbulkan penurunan dan perubahan kesadaran sedangkan psikotropika berpengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan aktivitas mental dan perilaku setiap pengguna, ungkapnya.

    Semetara Plh Kepala Staf Kodim 0708/Kebumen Kapten Czi Paulus Souhuwat mewakili Komandan Kodim mengungkapkan kegiatan sosialisasi P4GN ini dilaksanakan dengan maksud untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba dijajaran Kodim 0709/Kebumen baik pengguna maupun pengedar.

    “Sosialisasi P4GN sebagai program satuan dalam setiap triwulan yang harus dilaksanakan untuk meminimalisasi pelanggaran bagi setiap prajurit dan merupakan kategori sanksi berat bagi setiap prajurit, jelas Kasdim.

    Dampak bahaya dan korban narkotika dari tahun ke tahun semakin meningkat, bahkan sudah sangat meresahkan masyarakat dan membahayakan perkembangan generasi muda serta memerlukan penanganan yang terpadu dan serius, imbuh Kasdim.

    Selama pengecekan tes urine yang dilakukan dari Poskes Klinik Kartika Pratama secara acak, anggota Kodim dinyatakan negatif menggunakan narkoba dengan hasil tersebut Kodim 0709/Kebumen terbebas dari  narkoba. (Pendim)

     

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *