Kodim 0709/Kebumen : Masyarakat Tulang Punggung Deteksi Dini Cegah Radikalisme/Separatisme

    Kodim 0709/Kebumen : Masyarakat Tulang Punggung Deteksi Dini Cegah Radikalisme/Separatisme

    KODIM 0709/KEBUMEN, Pasiter Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Agus Handoyo menggelar acara pembinaan komunikasi sosial cegah tangkah radikalisme dan separatisme kepada sejumlah masyarakat dan pelajar di aula Makodim 0709/Kebumen. Jumat (11/09/20).

    Acara yang secara resmi dibuka Pelaksana Harian Kepala Staf Kodim 0709/Kebumen (Plh Kasdim) Kapten Czi Paulus Souhuwat itu berlangsung hikmat dan lancar dengan masing masing menghadirkan dua pemateri dari Dinas Ketahanan Pangan dan Polres Kebumen. Saat sambutannya, Kepala Staf mengatakan,”Tingkatkan kepedulian dan keterlibatan seluruh komponen masyarakat merupakan kunci utama bagaimana kita bersama mencegah aksi dan ancaman radikalisme/separatisme yang telah menyebar dan menyusup diberbagai lini kehidupan kita.” kata kepala staf.

    Sebaliknya, lanjut dia, “sikap acuh dan tidak peduli masyarakat merupakan wilayah rentan yang berpotensi menyuburkan jaringan dan paham radikalisme/separatisme untuk berkembang biak secara leluasa ditengah masyarakat. Masyarakat adalah tulang punggung deteksi dini yang cukup penting dan efektif dalam mencegah radikalisme/separatisme. Kerjasama antar instansi pemerintah dan masyarakat secara sinergitas dan berkelanjutan akan menciptakan kultur yang baik demi terciptanya tatanan masyarakat yang siaga radikalisme/separatisme.” terang Kepala Staf Kodim.

    Pada kesempatan yang sama, hadir pemateri dari Dinas Ketahanan Pangan Kebumen Kristya Retnaningsih, SP. Ia menyampaikan tentang pentingnya pemanfaatan lahan sempit disekitar pekarangan rumah, menurut Titis (sapaan akrabnya) pemanfaatan lahan bisa bernilai produktif untuk ketahanan pangan keluarga, disisi lain, ujar Titis, akan menjadi nilai tambah bagi penghasilan keluarga jika dikelola dengan baik dan benar, “kita butuh kemauan dan kemampuan bisa kita asah, ini merupakan modal utama dalam memanfaatan lahan yang ada.” ujar dia.

    Ditempat yang sama, pemateri dari Polres Kebumen Iptu Sarmijan, menekankan tentang peran penting generasi muda membekali diri dengan pengetahuan tentang bahaya radikalisme, Sarmijan juga meminta, para peserta untuk lebih menumbuhkan kepedulian terhadap situasi di lingkungan tempat tinggalnya dan melaporkan kepada Babinsa atau Bhabinkamtibmas di masing-masing desanya apabila kedapatan sesuatu yang mencurigakan. Lebih jauh Sarmijan juga menghimbau, “jangan mudah menerima mentah sebuah informasi, tabayunlah maka akan menuai solusi.” terang Sarmijan.

    Usai dilaksanakannya kegiatan komunikasi sosial cegah tangkal Radikalisme/Separatisme itu, peserta sebanyak 40 orang meneria cindera mata secara simbolis. Meski dengan demikian kegiatan yang diikuti oleh sejumlah Tokoh Pemuda, Mahasiswa dan Pelajar  itu tetap mentaati protokol kesehatan mulai mencuci tangan, cek suhu, memakai masker dan physical distancing. (Pendim)

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *