Plh Kasdim 0709/Kebumen Bersama Pemkab ikuti Vicon Rakor KPU

    Plh Kasdim 0709/Kebumen Bersama Pemkab ikuti Vicon Rakor KPU

    KODIM 0709/KEBUMEN II Pelaksana harian (Plh) Kasdim 0709/Kebumen Kapten Czi Paulus Souhuwat mengikuti Rapat Koordinasi secara  Virtual dalam rangka membahas Pengamanan & Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19 Dalam Pilkada serentak tahun 2020 yang dilaksanakan di Ruang Transit Arumbinang, Komplek Rumdis Bupati Kebumen, Rabu (09/09/20).

    Ketua KPU RI Arief Budiman menyampaikan Bahwa Penyelenggara pemilu daerah (Pilkada)  ada lebih dari 2 juta orang harus menjadi prioritas perhatian, dalam melaksanakan tugasnya petugas KPPS selalu menerapakan protokol kesehatan karena merupakan sumber klaster penularan covid-19 belum termasuk pemilih dan aparat pengamanan.

    Ada 3 aturan KPU yang baru tapi peraturan KPU sebelumnya tetap berlaku karena adanya situasi yang berbeda dari sebelumnya dengan adanya pandemi covid-19 yaitu terkait dengan jadwal pemungutan suara yang awalnya akan dilakukan dibulan september berubah ke bulan desember”.

    Kemudian peraturan KPU tentang pencalonan dan peraturan KPU tentang pelaksanaan setiap tahapan pemilihan setiap kepala daerah harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19″.

    Seluruh kegiatan tahapan kampanye dihimbau agar dilakukan secara daring termasuk rapat umum dan pertemuan lainnya dilakukan secara daring apabila tidak dapat dilakukan secara daring maka penerapan protokol kesehatan menjadi kewajiban untuk dilakukan”.

    Kepala BNPB Doni Monardo menyampaikan harapannya kepada seluruh penyelenggara pilkada untuk memprioritaskan masalah kesehatan agar penyelenggaraan pilkada kali ini tidak menimbulkan korban jiwa.

    Kami akan selalu mengingatkan kepada satgas provinsi dan kabupaten/kota untuk memantau perkembangan setiap saat jika adanya potensi yang berhubungan dengan resiko agar langkah yang diambil setiap daerah dapat lebih tegas untuk melakukan pencegahan,”tuturnya.

    Lebih lanjut ketua BNPB menegaskan terdapat 309 kabupaten atau kota yang akan melaksanakan pilkada tahun 2020 diantaranya 261 kabupaten/kota pemilihan bupati dan walikota dan 48 Kabupaten atau Kota pemilihan gubernur, dari seluruh Kabupaten atau Kota yang melaksanakan pilkada terdapat daerah dengan resiko tinggi, sedang dan rendah.

    Covid 19 ini bukan masalah individu tapi masalah komunitas ketika terdapat komunikasi yang disiplin, taat terhadap protokol kesehatan maka daerah itu akan mengendalikan covid dengan baik didaerah tersebut,”pungkasnya.

    Hadir dalam Vicon tersebut Ketua KPU kabupaten Kebumen H. Yulianto, M.Kom.,S.Kom, Plt BPBD Kabupaten kebumen Teguh Kristanto, Anggota Bawaslu Kabupaten Kebumen Maesaroh, M.Ag, Plh Kasdim 0709/Kebumen Kapten Czi Paulus Souhuwat, Kabag Ops Polres Kebumen Kompol Cipto Rahayu, Kasatpol PP Kabupaten kebumen R. Agung Pambudi ,SIP, M.si, serta undangan lainnya. (Pendim)

     

    Bagikan

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *