Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang S.E. M.M., Secara Resmi Menutup TMMD ke 109 Sengkuyung Tahap III Kodim 0709/Kebumen Tahun 2020

    Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang S.E. M.M., Secara Resmi Menutup TMMD ke 109 Sengkuyung Tahap III Kodim 0709/Kebumen Tahun 2020

    Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Kodim 0709/Kebumen TA. 2020 hari ini resmi ditutup Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang, S.E. M.M., bersama Bupati Kebumen KH. Yasid Mahfud dengan ditandai penandatangan dan penyerahan hasil pekerjaan TMMD bertempat di Pendopo Rumdis Bupati Kebumen, Rabu (21/10/20).

    Acara penutupan TMMD kali ini dilaksanakan berbeda dengan tidak melibatkan beberapa pasukan dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid 19. TMMD yang berlangsung sejak 22 september 2020 itu dikerjakan dengan semangat gotong-royong dan menjunjung tinggi kebersamaan antara TNI dengan masyarakat telah berhasil merampungkan seluruh sasaran tepat waktu sesuai target yang telah ditentukan.

    Dandim 0709/Kebumen selaku Dansatgas Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang S.E. M.M., dalam acara tersebut menyampaikan, program TMMD merupakan program yang dilaksanakan 3 kali dalam setahun guna membantu pemerintah daerah untuk percepatan pembangunan diwilayah guna memberikan manfaat kepada masyarakat di pedesaan.

    “Program TMMD Sekuyung tahap III yang dilaksanakan selama 30 hari sejak 22 September hingga 21 Oktober 2020 ini, menghasilkan edukasi bagi warga untuk menjunjung tinggi kebersamaan,” ungkap Dandim.

    Lebih lanjut dikatakan Dandim, Sasaran fisik berupa pembangunan jalan rabat beton sepanjang 696,20 meter, lebar 3 meter dan tebal 0,20 meter tersebut selesai 100 persen. Kemudian untuk rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak 4 unit, juga selesai 100 persen. Untuk sasaran non fisik yang berupa pembekalan pengetahuan praktis maupun masalah sosial kemasyarakatan, kejuangan, bela negara dan wawasan kebangsaan, benar-benar dapat dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga mampu mendorong inovasi dan kreativitas masyarakat serta tumbuhnya rasa cinta tanah air,‘’ terang Dandim.

    Dandim berharap segala hasil  pengembangan sarana dan prasarana fisik yang telah dibangun dalam program TMMD Sengkuyung ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, dirawat serta dipelihara dengan baik oleh segenap warga masyarakat Adiluhur. Dandim juga mengajak seluruh masyarakat agar dalam menghadapi tatanan kehidupan baru Pandemi Covid-19 ini tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, rajin cuci tangan, tetap menjaga jarak dan laksanakan pola hidup bersih dan sehat. Selain itu kita harus produktif karena jika tidak produktif maka tidak akan memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

    Diakhir sambutannya, Dandim menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam mensukseskan program TMMD Sengkuyung tahap III Desa Adiluhur.

    “Saya ucapkan terimakasih kepada Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz beserta jajaran di lingkungan Pemkab Kebumen, OPD dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan TMMD Sengkuyung Tahap III yang telah berjalan dengan sukses, aman dan lancar. Selaku Dansatgas saya mewakili seluruh Anggota menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, apabila dalam kebersamaan pelaksanaan TMMD ini, terdapat tutur kata dan tingkah laku para Prajurit saya yang kurang berkenan dihati masyarakat,” pungkasnya.

    Sementara itu Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz usai penandatanganan prasasti, mengucapkan terima kasih kepada Komandan Kodim 0709/Kebumen beserta jajaran yang sudah menyelenggarakan program TMMD dengan maksimal meskipun ditengah pandemi Covid 19.

    “Kebersamaan yang sudah di bangun ini merupakan sinergitas yang positif untuk dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa pada masa sekarang ini dan dihimbau untuk segenap masyarakat Desa Adiluhur untuk  terus meningkatkan semangat kerja bergotong royong yang telah dicontohkan Dandim beserta jajarannya. Saya juga meminta masyarakat untuk memelihara dengan sebaik-baiknya hasil dari kegiatan TMMD tersebut agar lebih bermanfaat secara optimal,”pungkasnya.

    Dalam kesempatan itu, Bupati dan jajaran Forkopimda Kebumen lainnya juga dapat melihat pemutaran video dari mulai tahap sosialisasi, pengerjaan program TMMD Desa Adiluhur hingga pencapaian hasil akhir baik sasaran fisik maupun non fisik melalui dokumentasi yang dilakukan oleh jajaran Kodim 0709/Kebumen. (Pendim)

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *