Dandim Kebumen Hadiri Penyerahan Sertifikat PTSL Secara Virtual oleh Presiden Jokowi

    KODIM 0709/KEBUMEN, Komandan Kodim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang, S.E. M.M., menghadiri acara penyerahan sertifikat PTSL TA 2020 secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia dan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Kebumen bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Selasa (05/01/21).

    Presiden Republik Indonesia Ir H. Joko Widodo dalam arahannya  mengatakan hari ini kami memberikan sertifikat tanah  program PTSL sejumlah 6,8 juta untuk dibagikan ke 26 provinsi dan 273 Kabupaten kota.Jumlah ini menurun dari target semula, yaitu 10 juta sertifikat akibat pandemi COVID-19.

    Jokowi berharap dengan tanah yang sudah bersertifikat sah secara hukum dan mempunyai kepastian hukum tentang hak tanah masyarakat sehingga dapat menghindari konflik-konflik agraria yang ada dimasyarakat dan tidak ada lagi saling klaim tanah di indonesia.

    Wakil Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto mewakili Bupati Kebumen menyampaikan terima kasih atas nama pemerintah Kabupaten Kebumen atas segala kerja keras yang dilakukan oleh BPN beserta jajarannya dalam menerbitkan sertifikat PTSL sebanyak 6800 sertifikat.

    Kemudian dalam kesempatan ini pula saya ingin menegaskan bahwa program PTSL ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

    Program PTSL ini merupakan salah satu program strategis nasional dalam rangka legalisasi hak-hak atas tanah masyarakat, dengan target nasional pada tahun 2025 mencapai seluruh bidang-bidang tanah di Indonesia harus sudah terdaftar dan bersertifikat.

    Momentum ini diharapkan dapat menghapus paradigma lama, di mana pengurusan sertifikat sering dikeluhkan oleh masyarakat karena lamanya waktu .

    Selain itu manfaat sertifikat ini juga untuk menghindari konflik atau sengketa tanah karena semua bidang tanah telah terdaftar dan terpetakan dengan rapi sehingga kedepan diharapkan dapat berdampak pada upaya menyejahterakan masyarakat.

    Dalam kesempatan itu pemerintah Kabupaten Kebumen terdapat beberapa Wilayah yang berhak mendapatkan pembagian sertifikat tanah program PTSL diantaranya Desa Wonoyoso Kecamatan kuwarasan, Desa Krakal Kecamatan Alian, Desa Tangerang Kecamatan Sruweng, Desa Brecong Kecamatan Buluspesantren serta Desa Candirenggo Kecamatan Ayah.

    Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto ,SH. M.M., Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav  MS. Prawira Negara Matondang ,S.E. M.M., Kapolres Kebumen AKBP Peter Yanottama, SH. SIK., Kasi Perdatun Kejaksaan Kebumen

    Safri Hadi SH. MH., PLT Kantor Pertanahan Kebumen Sumpeno A.Ptnh., Sekda Kabupaten Kebumen H. Drs Ujang Sugiono SH., PLT As 1 Kebumen Bapak Amin Amroji, OPD terkait Pemda Kabupaten Kebumen, Camat dan Kepala Desa serta perwakilan warga penerima sertifikat PTSL. (Pendim)

     

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *