Kasrem 072/PMK Tinjau Pelaksanaan TMMD Sengkuyung I Desa Sidoagung

    KODIM 0709/KEBUMEN. Kepala Staf Korem 072/PMK Kolonel Inf Afianto meninjau langsung pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I TA. 2021 diwilayah Kodim 0709/Kebumen bertempat di Desa Sidoagung, Kecamatan Sruweng Kebumen, Senin (15/03/21).

    Dalam kegiatan tersebut, Kasrem 072/PMK didampingi Kasiter Korem 072/PMK Kolonel Inf Teguh Wiyono beserta rombongan disambut langsung Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang, S.E. M.M., para Pasi Kodim 0709/Kebumen, Danramil 06/Sruweng Kapten Inf Purwanto, Kapolsek Sruweng Iptu Sugino, Camat Sruweng Suyitno S. Sos., Bapeda Kebumen Bapak Puguh Santoso, Dispermades Kabupaten Kebumen Bapak Munir dan juga Kades Sruweng Bapak A. Komarudin.

    Selanjutnya, Kasrem 072/PMK bersama rombongan langsung menuju kelokasi melihat beberapa titik sasaran fisik TMMD yaitu Rabat beton jalan yang menghubungakan Desa Sidoagung dengan Desa Giripurno Kecamatan Sruweng dengan panjang 971 meter, lebar 3,5 meter dan Volume tinggi 0,15 meter ditambah pembangunan 5 Unit bedah RTLH rumah masyarakat yang tidak layak huni.

    Disela sela peninjauan lokasi TMMD, Kasrem 072/PMK Kolonel Inf Afianto menyampaikan bahwa kegiatan TMMD Sengkuyung I ini salah satu wujud Operasi Bhakti TNI serta merupakan program lintas sektoral antara TNI dengan Pemerintah Daerah yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan kegiatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi dan perbatasan.

    “Melihat dari kegiatan ini termasuk amanah yang ke tiga yaitu amanah terhadap pekerjaan, karena manfaat orang hidup dapat bermanfaat terhadap sesama mahluk hidup.
    Ada beberapa amanah diantaranya :
    1) Amanah terhadap Tuhan YME.
    2) Amanah kepada orang tua atau leluhur.
    3) amanah terhadap pekerjaan.
    4) Amanah terhadap Mahluk hidup.
    5) Amanah kepada lingkungan.

    Lebih lanjut, Kasrem juga menghimbau kepada masyarakat sekitar agar ikut andil dan berpartisipasi dalam kegiatan TMMD ini, dengan bahu membahu serta berbaur dengan TNI agar terciptanya Kemanunggalan TNI-Rakyat.
    “Agar terciptanya Kemanunggalan TNI-Rakyat diharapkan masyarakat dan TNI berbaur serta saling bahu membahu dalam pelaksanaannya agar kegiatan TMMD Kodim 0709/Kebumen dapat berjalan dengan lancar dan mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini menjadi manfaat untuk masyarakat serta lingkungan,” tandasnya.

    Hal senada disampaikan Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang S.E. MM., bahwa melihat masyarakat di desa-desa bahwa Animo masyarakat terhadap TMMD diwilayah Kodim 0709/Kebumen dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

    “Kami Kodim 0709/Kebumen akan berkomitmen untuk terus membantu masyarakat dalam membangun dan meningkatkan desa, hal ini dapat kita kerjakan sebagai wujud Sinergi membangun negeri antara TNI dengan rakyat.

    Semoga kedepannya akan dapat dilaksanakan TMMD kembali untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup dan perekonomian desa,”pungkasnya.

    Sementara itu Kades Sruweng Bapak Salahudin mengucapkan selamat datang kepada tim dan mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasinya untuk membantu melaksanakan TMMD di Desa Sidoagung Kecamatan Sruweng yang terdiri dari beberapa pegunungan dan beberapa dataran di bagian selatan.
    “Bahwa dasarnya masyarakat mengucapkan banyak terima kasih atas di laksanakan TMMD di desa-desa dan membuat jalan diperkeras di daerah kami,” tuturnya. (Pendim)

    Mungkin Anda juga menyukai

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *