Dandim Kebumen bersama Forkopimda Ikuti Upacara Peringatan HUT RI Ke-76 Tahun 2021

Dandim Kebumen bersama Forkopimda Ikuti Upacara Peringatan HUT RI Ke-76 Tahun 2021

Komandan Kodim (Dandim) 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang S.E. M.M., mengikuti prosesi upacara
Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 tingkat Kabupaten Kebumen tahun 2021 yang dilaksanakan di halaman Pendopo Rumdis Bupati Kebumen, Selasa (17/08/21).

Upacara yang penuh khidmat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto yang bertindak selaku inspektur upacara (Irup). Sedangkan komandan upacara dijabat oleh Danramil 17/Adimulyo Kapten inf Sunarmo dan sebagai Perwira upacara Pasipers Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Prasojo.

Dalam amanat Gubernur Jateng Ir. H. Ganjar Pranowo yang dibacakan Oleh Bupati kebumen H. Arif Sugiyanto S.H., mengatakan
Hari ini adalah tahun kedua kita merayakan kemerdekaan di tengah pandemi. Seratus ribu lebih saudara kita gugur, 3 juta lebih saudara kita merasakan perih. Banyak orang bertumbangan seperti pedagang, pengusaha, karyawan termasuk tenaga medis. hampir di seluruh sektor terkena pukulan telak akibat pandemi ini.

Setiap hari terdengar kabar orang meninggal maupun para pelaku usaha yang gulung tikar kita dengar di masyarakat dan seolah-olah, kehidupan yang aman dan nyaman sudah tidak ada lagi, terlebih perjuangan teman- teman dari relawaan dan tenaga medis untuk mengalahkan pandemi. Bahkan demi keselamatan kita, lebih dari 1400 tenaga kesehatan meninggal dunia, 110 di antaranya adalah tenaga kesehatan dari Jawa Tengah.

Baca juga   Dandim 0709/Kebumen Berikan Bantuan Penambah Gizi Pada Balita Stunting

Pemberian hormat yang setinggi-tingginya kepada para tenaga kesehatan ditengah Upacara HUT RI Ke-76 dan berharap pada moment ini dapat ketularan semangat dan jiwa kemanusiaan para tenaga medis di tengah pandemi Covid-19.

Kita semua tahu, Proklamasi Kemerdekaan bukanlah ujung perjuangan. Nyatanya, setelah Bung Karno dan Bung Hatta membacakan naskah Proklamasi, Indonesia masih harus berperang melawan agresi militer Belanda, pembebaskan Irian Barat, bahkan Pertempuran Surabaya, Pertempuran Ambarawa, Pertempuran Lima Hari di Semarang, Perang Puputan Bali serta pertempuran-pertempuran melawan pemberontakan saudara sendiri.

Dimasa sekarang ini, pertempuran dalam medan dan cara yang berbeda juga terus kita alami. Melawan kemiskinan, melawan kebodohan, melawan narkoba, terorisme dan radikalisme.

Mengakhiri amanat hari ini marilah kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar seluruh rakyat Indonesia, seluruh Bangsa Indonesia diberikan karunia kekuatan hati dan pikiran untuk mewujudkan kemakmuran. Tidak mulai besok, tidak mulai lusa tapi mulai SEKARANG!. MERDEKA!
pungkasnya.

Selain Forkopimda turut hadir dalam upacara Ketua DPRD Kabupaten Kebumen H. Sarimun S. Sy., Wakil Bupati Kebumen Hj. Ristawati Purwaningsih S. ST.,M.T., Sekda Kebumen Drs. H. Ahmad Ujang Sugiono S.H., para Asisten Sekda Kebumen, pimpinan SAB Kabupaten Kebumen,mantan pejuang dan Veteran serta perwakilan Ormas dan tamu undangan lainnya.

Usai upacara Dandim 0709/Kebumen bersama Forkopimda meninjau pelaksanaan Vaksinasi di Alun-alun Kabupaten Kebumen selanjutnya mengikuti Video Conference Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT RI Ke-76 Tahun 2021 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen. (Pendim)