Upaya Antisipasi Virus PMK, Babinsa Koramil 19/Kuwarasan Bersama Bhabinkamtibmas Dampingi Vaksinasi Tim Kesehatan Hewan

Upaya Antisipasi Virus PMK, Babinsa Koramil 19/Kuwarasan Bersama Bhabinkamtibmas Dampingi Vaksinasi Tim Kesehatan Hewan

KEBUMEN – Babinsa Koramil 19/ Kuwarasan Kopda Ngali Muhdi bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kuwarasan Bripka Zaenal Arifin dan Pemdes Purwodadi melaksanakan kegiatan pendampingan Vaksinasi PMK sebagai upaya pengendalian dan pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak berkuku belah di wilayah desa Purwodadi Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen, Senin (25/07/22)

Kegiatan ini dihadiri oleh tim Puskeswan wilayah Gombong, perangkat desa Purwodadi dan masyarakat pemilik hewan ternak sapi wilayah desa Purwodadi Kecamatan Kuwarasan.

Dalam kesempatan ini, drh. Dadang Eko Siswanto selaku Koordinator Puskeswan wilayah Gombong menyampaikan bahwa, gerakan pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) melalui Vaksinasi PMK ini sebagai tindak lanjut dan pendataan yang telah terjadwal pada hari ini Senin, 25/07/2022 di wilayah desa Purwodadi Kecamatan Kuwarasan dengan sasaran hewan ternak berupa sapi sejumlah 50 ekor, “Tujuan gerakan ini adalah untuk pencegahan penularan penyakit PMK yang di sebabkan virus,” Jelasnya.

Baca juga   Bangun Semangat Kebersamaan, Babinsa Koramil 19/Kuwarasan Bantu Renovasi Rumah Warga

Lebih lanjut dijelaskan, walaupun virus ini tidak berbahaya buat manusia tetapi dampaknya merugikan petani ternak khususnya sapi karena harga jual di pasaran murah bahkan tidak laku. Adapun ciri penyakit PMK ini adalah demam tinggi, air liur yang berlebihan, luka lepuh pada lidah, bibir, kuping, hidung dan kulit di antara kuku.

Sementara Kopda Ngali Muhdi selaku Babinsa di wilayah desa Purwodadi dalam kesempatan tersebut juga menghimbau kepada warga binaannya terutama yang mempunyai binatang ternak seperti sapi agar selalu menjaga kebersihan baik tempat / kandang maupun binatang ternaknya dan selalu berkoordinasi dengan dinas terkait.

“Bila menemukan gejala PMK, segera laporkan ke dinas terkait agar bisa dilakukan pencegahannya, “tegasnya.