Desa Wonosari Resmi Menjadi Kampung Pancasila Kodim 0709/Kebumen

KEBUMEN – Komandan Kodim (Dandim) 0709/Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri S.I.P., diwakili oleh Danramil 07/Karangsambung Kapten Inf Suyoto mencanangkan Desa Wonosari menjadi Kampung Pancasila Kodim 0709/Kebumen yang diresmikan hari ini bertempat di Balai Obyek wisata Embung Sitinggil Kecamatan Sadang Kebumen, Jum’at (12/08/22).

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Dandim Letkol Inf.Edwar Hendri, S.I.P., diwakili Danramil 07/Karangsambung Kapten Inf Suyoto, perwira Jajaran Kodim 0709/Kbm, Forkopimcam Sadang, Kades Wonosari Bapak Mualifin, para Kades se-Kecamatan Sadang serta sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Wajib Indonesia raya, Pembacaan teks Pancasila serta Pembacaan ikrar dipimpin oleh Duta Pancasila yaitu Sdri. Anisa Nur Aini dan Sdra. Moh Erik Setiawan diikuti oleh seluruh tamu undangan.

Dalam sambutannya Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf. Eduar Hendri S.I.P., yang dibacakan Danramil 07/Karangsambunh mengatakan bahwa Desa Wonosari merupakan desa yang dicanangkan sebagai Kampung Pancasila sebagai perwakilan di wilayah Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen.

Sudah sepantasnya Desa Wonosari dijadikan Kampung Pancasila karena merupakan desa yang sangat majemuk terdiri dari berbagai macam penganut agama dimana toleransi warga desa cukup tinggi .
Desa Wonosari kita canangkan sebagai Kampung Pancasila karena kami ingin desa ini sebagai miniatur bangsa Indonesia sekaligus sebagai contoh bagi desa lainnya.

Pencanangan Kampung Pancasila sejalan dengan arahan KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman S.E. M.M., yang sejak menjabat Pangdam Jaya sudah menerapkan Salam Pancasila sampai pada tingkat Babinsa ( Bintara pembina desa ). Kegiatan ini sudah disosialisasikan dalam beberapa waktu terakhir seperti menjaga nilai – nilai Pancasila.

Baca juga   Babinsa Koramil 22/Ayah, Dampingi Pelayanan KB Bangga Kencana

Sejak reformasi bergulir nilai – nilai Pancasila mulai luntur dengan banyaknya ideologi – ideologi asing yang ingin mengganti Pancasila, untuk menjaga nilai – nilai Pancasila tersebut maka kita perlu gunakan pendekatan kepada masyarakat yang salah satunya yakni dengan membumikan Pancasila.

Tujuan pencanganan kampung Pancasila ini agar masyarakat mampu mengamalkan nilai – nilai Pancasila , khususnya bagi generasi muda tunas bangsa.

Tujuan lain dalam pencanganan kampung Pancasila ini adalah untuk memutus rantai radikalisme yang tersebar di Jawa Tengah dan Yogyakarta sehinga Kampung Pancasila perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat dan pencanangan Kampung Pancasila adalah upaya menjaga tetap tegaknya Pancasila dan keutuhan NKRI yang harus terus kita dengungkan.

Lakukan Buming Pancasila dengan cara yang menyenangkan baik melalui musik, seni budaya , keragaman adat kuliner, olah raga dan mengangkat kearifan lokal desa dengan begitu Pancasila akan melekat dalam hati masyarakat.

Ditempat yang sama Kepala Desa Wonosari Bapak Mualifin mengucapkan terimakasih kepada Komandan Kodim 0709/Kebumen dan jajaran yang telah mempercayakan Desa Wonosari menjadi Kampung Pancasila serta seluruh panitia dan yang terlibat dalam pelaksaan pencanagan Kampung Pancasila

Seiring dengan Progres Desa Wonosari menjadi Kampung Pancasila, kami segenap Warga Desa bertekad akan menggelorakan kepada desa-desa lain se-Kecamatan Sadang dan Karangsambung supaya mengikuti menjadi Kampung Pancasila, “tuturnya.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan acara pemukulan Gong peresmian, Penyerahan miniatur Pancasila kepada duta-duta Pancasila dan pemotongan pita Oleh Danramil 07/Karangsambung Kapten Inf Suyoto diikuti oleh jajaran Forkopincam Sadang, Kades Wonosari, Ketua BPD dan sejumlah tokoh agama. (Pendim)