Kodim Kebumen Kembali Canangkan Kampung Pancasila di Kecamatan Klirong

Kodim Kebumen Kembali Canangkan Kampung Pancasila di Kecamatan Klirong

KEBUMEN – Komando Distrik Militer (Kodim) 0709/Kebumen secara resmi mencanangkan Desa Gebangsari sebagai Kampung Pancasila di wilayah Kecamatan Klirong. Desa Gebangsari merupakan salah satu desa yang mempunyai tingkat kemajemukan masyarakat dan toleransi agama yang tinggi, hal tersebut yang melatarbelakangi dicanangkannya Desa Gebangsari sebagai Kampung Pancasila oleh Komandan Kodim 0709/Kebumen yang diwakili oleh PasiIntel Kapten Inf Budi Riyanto bertempat di Halaman Desa Gebangsari Kecamatan Klirong Kebumen, Senin (22/08/22)

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0709/Kbm,Yang diwakili oleh Kapten Inf Budi Riyanto (Pasi Intel Kodim 0709/Kebumen, Jajaran Danramil Kodim 0709/Kebumen, Forkompimcam Klirong, Kades Kebonsari Bapak Dalmo, Para Kades Se Kecamatan Klirong Ketua BPD dan perangkat Desa Gebangsari serta tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat Desa Gebangsari.

Sambutan Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri S.IP., yang dibacakan Pasi Intel Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf Budi Riyanto menyampaikan bahwa pembentukan Kampung Pancasila bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam butir Pancasila untuk menciptakan kerukunan terhadap umat beragama, meningkatkan kesejahteraan, dan kemakmuran rakyat.

Baca juga   Kodim 0709/Kebumen Gelar Karya Bhakti Manunggal Tahap IV TH. 2022 Desa Kebonsari

Sasaran yang ingin dicapai dalam pencanganan kampung Pancasila ini adalah, terciptanya kondisi masyarakat yang mampu mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, khususnya bagi generasi muda.

Saya berharap, masyarakat Kampung Pancasila harus memiliki peran aktif membantu pemerintah desa, untuk bersama-sama menghidupkan masyarakat sesuai dengan jenjang masing-masing sehingga dapat dirasakan nuansanya. Untuk itu warga Kampung Pancasila supaya dapat menguasai semua potensi kearifan lokal untuk kita jadikan potensi kekayaan budaya bangsa.

Kodim 0709/Kebumen akan terus mendorong masyarakat untuk saling menghormati, menghargai sesama, dan mendukung kehidupan masyarakat yang rukun, santun, dan berbudaya yang digagas TNI AD di setiap wilayah di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kebumen.

Sementara itu Kepala Desa Gebangsari Bapak Dalmo menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada Dandim 0709/Kebumen beserta jajaran, yang sudah meresmikan Desa Gebangsari sebagai Kampung Pancasila.

Masyarakat Desa Gebangsari sangat bangga dan sangat senang atas terpilihnya Desa kami sebagai perwakilan kampung pancasila, dan semoga Desa Gebangsari semakin maju,” ungkapnya.

Kegiatan peresmian ditandai dengan pemukulan Gong tanda diresmikannya kampung Pancasila serta pemotongan pita oleh Pasiintel Kodim 0709/Kebumen didampingi forkompincam Klirong.
(Pendim)