Konsultasi Publik Dampak Lingkungan, Tentang Rencana Pembangunan Ruas Jalan Tol Cilacap -Yogyakarta

Konsultasi Publik Dampak Lingkungan, Tentang Rencana Pembangunan Ruas Jalan Tol Cilacap -Yogyakarta

KEBUMEN – Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri S.I.P., yang diwakili Kapten Inf Suwarno Danramil 20/Buayan menghadiri Kegiatan Konsultasi Publik Analisis mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)
Rencana Pembangunan Ruas Jalan Tol Cilacap-Jogyakarta di Ballrom Mexolie Hotel. Senin (15/08/22)

Dalam pelaksanaan Konsultasi Publik Dampak Lingkungan tentang Rencana pembangunan Ruas Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Direktorat Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan Kementrian PU dan Perumahan Rakyat merupakan kegiatan guna memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Cilacap untuk meningkatkan infrastruktur dan perekonomian masyarakat.

Dalam paparannya dari Dirjen bahwa Pembangunan jalan tol maupun non tol mempunyai tujuan untuk meningkatkan kapasitas ekonomi dan akan memberikan dampak positif bagi kemakmuran masyarakat. Sesuai arahan, kegiatan ini wajib disertai dokumen AMDAL.

“Fasilitasi ini adalah untuk menjaring aspirasi terdampak tol cilacap Yogyakarta guna mengurangi konflik di tengah masyarakat dari beberapa aspirasi ada juga masyarakat yang mengkawatirkan terkait infrastruktur pertanian terutama dampak banjir yang belum teratasi, lingkungan dan sosialnya, dan sampai harapan warga sekitar untuk bisa bekerja sebagai tenaga kerja atas proyek ini, “terangnya.

Baca juga   Kodim 0709/Kebumen Gelar Do'a Bersama Untuk Arwah Pahlawan Revolusi

Perlu diketahui bahwa rencana Jalan tol sepanjang 121 kilometer ini akan melintasi 15 Kecamatan dan 53 Desa yakni Kecamatan Rowokele, Gombong, Adimulyo, Karangayar, Sruweng , Klirong, Buluspesantren, Kebumen, Kutowinangun, Kuwarasan, Ambal, Mirit, Petanahan serta Kecamatan Bonorowo. Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta ini diharapkan memberikan manfaat kepada warga sekitar dan masyarakat Kabupaten Kebumen pada umumnya agar Kabupaten Kebumen semakin maju dan sejahtera.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas lingkungan hidup dan Kelautan Kabupaten Kebumen Joni Hermawan ST.MT, Ibu fauziah konsultan pemarkasa DJPI dari Kementrian PUPR RI ,Perwakilan dari OPD Terkait , Para kepala Desa Sepanjang jalur tol yang akan dibangun, para LSM Kebumen, Tomas , Toga dan Toda sepanjang jalur tol yang akan di bangunn. (Pendim)