Dukung Program Ketahanan Pangan, Babinsa Bantu Salurkan Bibit Tanaman

Dukung Program Ketahanan Pangan, Babinsa Bantu Salurkan Bibit Tanaman

KEBUMEN, Babinsa Koramil 14/Pejagoan Serka Budi melaksanakan kegiatan Penyerahan Program Bantuan Ketahanan Pangan Bidang Pertanian TA. 2022 bertempat di lahan milik Bapak Amin warga Rt 01/04 untuk dijadikan lahan tanaman pangan Kelompok Tani Wanita ” Puspita Tani ” Desa Pejagoan Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Langkah ini dibentuk sesuai alokasi anggaran dana desa sebesar 40 juta tahun anggaran 2022 untuk kelompok tani wanita Puspita Tani sekaligus sebagai bentuk kongkrit program ketahanan pangan dan peningkatan produktivitas kesejahteraan wargadengan memanfaatkan potensi lahan yang ada di lingkungan RT 01/04 Desa Pejagoan.

Berbagai jenis tanaman yang dibudidayakan diantaranya tanaman tomat, terong, cabai, kacang-kacangan, berbagai jenis sayuran dan lain-lain yang semua itu akan dikembangkan guna mendukung kelangsungan pangan warga Desa Pejagoan.

Hal ini pun di jelaskan Kades Pejagoan Heru Wiyatna, S.Pd. “kegiatan penanaman sayuran ini kita buat dalam bentuk green house agar tanaman tidak terganggu oleh serangan hama serangga dan lainnya. Untuk perawatan sepenuhnya kita serahkan kepada para Ibu- ibu yang tergabung di kelompok tani wanita Puspita Tani, namun kami juga nanti akan selalu berkoordinasi dan bekerjasama serta akan selalu didampingi Babinsa Koramil 14/Pejagoan dalam pemeliharaannya, ”ucap Kades.

Baca juga   Peringati HUT Korem 072/Pamungkas, Kodim 0709/Kebumen Gelar Ziarah Nasional

Ditegaskan Babinsa, hal tersebut merupakan bukti komitmennya koramil terhadap bidang pertanian yang terus digulirkan di Desa Pejagoan dengan memanfaatkan potensi yang ada. Tujuan utamanya adalah peningkatan ketahanan pangan dan produktivitasnya bagi warga desa. “Jika produktivitas pertanian meningkat, maka dengan sendirinya akan memberikan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan yang nyata bagi warga,” kata Babinsa.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pejagoan di wakili Sekcam Bapak Yogi S.Pd, Danramil 14/Pejagoan diwakili oleh Serka Budi, Kapolsek Pejagoan diwakili oleh Bripka Hary, Kades Pejagoan Heru Wiyatna S.Pd, Ketua BPD Bapak Supriyanto S.Pd, Koordinator Ketahanan Pangan Kecamatan Pejagoan Bapak Sarwaji, serta Ketua kelompok tani wanita Ibu Yani dan anggota. (Pendim)