TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0709/Kebumen Hari Ini Resmi Dibuka

TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0709/Kebumen Hari Ini Resmi Dibuka

KEBUMEN – Penyelenggaraan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II tahun 2023 Kodim 0709/Kebumen secara resmi dibuka.
Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke- 117 Sengkuyung Tahap II TA 2023 Desa Wonosigro tersebut ditandai dengan pemukulan kentongan dan penandatanganan naskah serah terima pekerjaan TMMD oleh Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana S.Hub.Int. M.Han., dan Bupati Kebumen yang diwakili oleh Wakil Bupati Hj. Ristawati Purwaningsih, S.ST., M.M., bertempat di lapangan Mandala Krida, Desa Klopogodo, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Prov Jateng. Rabu (12/07/23)

TMMD dengan tema ‘Sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI – rakyat semakin kuat” digelar di Desa Wonosigro Kecamatan Gombong sebelumnya telah dilaksanakan pra-TMMD selama 7 hari sedang pelaksanaan TMMD sendiri dilaksanakan lebih kurang satu bulan terhitung dari tanggal 12 Juli sampai 10 Agustus 2023.

Dalam sambutannya Bupati Kebumen yang dibacakan oleh Irup Hj. Ristawati Purwaningsih, S.ST., M.M., menyampaikan Puji syukur bahwa Pagi hari ini kita semua bersama-sama dapat mengikuti Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II, di Lapangan Klopogodo, Kecamatan Gombong dalam keadaan sehat walafiat

“TMMD merupakan salah satu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah. Dengan harapan, kesejahteraan masyarakat di daerah juga meningkat. Artinya, TMMD telah menunjukkan hakikat kemanunggalan, keseriusan dan kinerja maksimalnya untuk terlibat langsung dalam berbagai upaya menyukseskan program percepatan pembangunan di daerah.

“TMMD sendiri juga kita rasakan telah memberikan manfaat besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Karena Program TMMD dilaksanakan secara terpadu dengan program pembangunan di daerah, dan banyak melibatkan masyarakat dalam pemberdayaan, sekaligus menciptakan ketahanan wilayah demi keutuhan NKRI. Bahkan kerja sama yang baik berdasarkan prinsip-prinsip keterpaduan,
lebih menekankan pada azas manfaat maupun aspek akuntabilitas.

Dengan semangat kemanunggalan TNI, pemerintah daerah, pemerintah desa, dan rakyat, mari kita percepat pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan wilayah NKRI. Oleh karena tu saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 ini.
Buktikan kekuatan gotong-royong kita ini sebagai perwujudan salah satu wahana untuk memelihara budaya bangsa dan memupuk rasa nasionalisme kebangsaan, “pungkasnya.

Sementara Dandim 0709/Kebumen 0709/Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana S.Hub.Int. M.Han., mengungkapkan bahwa program TMMD Sengkuyung II sesuai Dasar ST Danrem 072/Pamungkas Nomor ST/385/2023 tanggal 30 Juni 2023 tentang perintah agar melaksanakan operasional kegiatan TMMD Reguler ke 117 dan Sengkuyung tahap II TA 2023.

Baca juga   Babinsa Koramil 15/Klirong Monitoring Serta Dampingi Kegiatan Penyaluran Bantuan Pangan Pemerintah

Kegiatan TMMD bertujuan mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat, program TMMD dapat terlaksana dengan baik apabila didukung adanya kerjasama dan gotong-royong dari semua unsur yang terlibat, seperti TNI, Polri, Pemda maupun masyarakat.

Pelaksanaan program TMMD Sengkuyung Tahap II TA. 2023 terbagi dalam kegiatan fisik dan non fisik yang nantinya diselenggarakan selama tiga puluh hari dengan Sasaran fisik utama Rabat Beton dengan Vol P.675 M X L. 2.5 M dan T.012M. Sedang kegiatan nonfisik berupa penyuluhan dan sosialisasi dari OPD terkait, kegiatan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dari Kodim 0709/Kebumen, Penanggulangan Narkoba dan Bahaya Sosial Media dari Polres Kebumen, Penyuluhan Bahaya Pernikahan Dini dan Perlindungan Perempuan dan Anak dari Dinsos dan P3A, dan Pelatihan Kemasan Produk dari DPPKUKM Kabupaten Kebumen.

Program TMMD memberikan kesempatan serta membantu daerah-daerah yang belum tersentuh untuk mendapatkan akses pembangunan yang layak. Kegiatan TMMD juga menggelorakan kembali semangat gotong-royong serta kebersamaan kepada masyarakat.

Peran serta masyarakat Desa Wonosigro sangat luar biasa karena mereka sadar bahwa program TMMD ini kedepan untuk kemajuan Desa dan bahkan meningkatkan perekonomian mereka. Karenanya masyarakat sangat antusias mereka dengan sadar dan ikhlas memulai pekerjaan ini bahkan sebelum TMMD dibuka.

Optimalkan berbagai program lintas sektoral di Kabupaten Kebumen yang semarak dan sejahtera. Kita ingin masyarakat makin maju, mandiri dan masyarakatnya semakin makmur dan sejahtera, inilah cita-cita yang harus kita wujudkan bersama,” tandasnya.

Acara pembukaan TMMD Sengkuyung II resmi di buka dengan dengan pemukulan kentongan oleh jajaran Forkopimda dilanjutkan peninjauan langsung ke lokasi TMMD.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kebumen Hj. Ristawati Purwaningsih, S.ST., M.M., Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana, S.Hub.Int., M.Han., Dansecata Rindam IV/Dip Letkol Inf Ely Purwadi S.I.P., M.I.P., Dandenma Korem 072/PMK Mayor Cba Suryadi, Wakapolres Kebumen Kompol Bakti S.H., PLT Kajari Kebumen Jemmy Novian Tirayudi Sh. Msi., Ketua pengadilan Negeri Kebumen Dr. Etik purwaningsih SH. MH., Kasatpol PP Kebumen Drs. Udy Cahyo, Aspem Kesra Sekda Kebumen Ir. Pudji Rahaju, Inspektur Daerah Kebumen Drs. Masagus Herunoto M. Si., Kepala BPBD Kebumen Drs. Muzadi, M.M., Kabag Humas UMKM Kebumen Unggul Winarti, SH, M. Si., Kadis PUPR Kebumen Haryono Wahyu, Kadis Perkimhub Kebumen H. Slamet Mustholikhah, Kadis PMD Kebumen Cokro Aminoto, Danramil Jajaran Kodim 0709/Kebumen, Ketua Persit Cabang XXIX Kodim 0709/Kbm beserta Pengurus Serta Forkopimcam Kecamatan Gombong, Kades beserta Perangkat Desa Wonosigro sejumlah Toga, Tomas dan Toda Desa Wonosigro. (Pendim)